E-Office SPPD Online Dukung NTB Bersih dan Melayani

Mendukung terwujudnya e-governemnt yang bersih dan melayani, Pemerintah Provinsi Nusa Tengga Barat melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) NTB menyediakan Aplikasi e-office SPPD Online.  Aplikasi ini mempermudah Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengurus izin secara Online.

Tak hanya mengurus izin secara online, aplikasi ini juga memiliki fitur lainnya seperti fitur monitoring perizinan, dimana ASN dan OPD dapat mengecek status perizinan, apakah ditolak atau diterima, cek progress perjalanan dinas kepala OPD, yang sedang maupun akan melakukan perjalanan dinas. Terdapat juga kolom informasi untuk menampilkan informasi terbaru, baik berupa informasi perizinan maupun peringatan bagi OPD.

Ada juga fitur laporan dimana Terdapat 2 jenis format laporan, yaitu laporan ke sekretaris daerah dan laporan ke gubernur. Tanggal rekapan laporan dapat dicetak sesuai permintaan pimpinan. Sementara, rekap laporan perjalanan dinas kepala OPD ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan perizinan perjalanan dinas. Selain itu, aplikasi ini juga berisi fitur informasi bagi OPD yang dapat diakses oleh ASN maupun OPD.

E-Office SPPD Online sendiri dapat diunduh secara gratis google play atau dengan mengakses link https://s.id/SppdOnlineNtb. Aplikasi ini dapat diakses online melalui browser pada alamat 

“Aplikasi ini dapat mempermudah Gubernur untuk memantau laju perizinan,“ tutur I Gede Aryadi selaku plt. Kadis Kominfotik NTB saat membuka acara Workshop E-Government Aplikasi e-office SPPD Online dan registrasi system elektronik, di Aula Diskominfotik NTB.

Pejabat administrasi dan pejabat yang menangani program masing-masing OPD lingkup Provinsi NTB dalam workshop ini juga dibina terkait registrasi sistem elektronik. Hal ini untuk mendukung pemetaan Sistem Elektronik Instansi Penyelenggara Negara. Mendukung koordinasi pengembangan kebijakan dan strategi nasional pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pemerintahan (e-Government). Mendorong pengembangan kapasitas Instansi Penyelenggara Negara dalam memberikan layanan publik melalui penyelenggaraan Sistem Elektronik.

Selain itu, pembinaan mengenai registrasi system elektronik ini juga dapat mendorong pertumbuhan pemanfaatan Sistem Elektronik untuk Instansi Penyelenggara Negara dan memudahkan masyarakat untuk mengakses Sistem Elektronik Instansi Penyelenggara Negara. (novita, diskominfotik NTB)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru