Pelatihan PSDM, KPM Dan Aparatur Desa Se-Kecamatan Pringgabaya

KM. Pohgading Timur – Pelatihan Pembangunan Sumber Daya Manusia (PSDM), bagi Kader Pembanguanan Manusia dan aparatur desa yang di laksanakan oleh tim pemdamping inovasi desa, kegiatan ini dilasanakan setelah melakukan bursa inovasi. 
Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatan kapasitas kader pembangunan manusia, untuk mencegah angka stunting se-kecamatan pringgbaya. Peserta pelatihan ini tidak lain sekertaris desa sek-kecamatan pringgabya dan kader pembanguna masyarakat se-kecamatan pringgbaya.
Kegiatan ini berlangsung dari hari kamis 08/08/2019 sampai hari sabtu 10/08/2019 di aula kantor camat pringgabaya. Adapun panitia pelaksana kegiatan ini adalah Tim Pendamping Inovasi Desa kecamatan pringgbaya. Pemateri kegiatan pelatihan ini adalah pak abdurahman yang menyampaikan peranan desa dalam kegiatan komvergensi penanganan stunting, H. Supardi yang menyampaikan matrinya stunting dan kegiatan konvergensi pencegahnya.
Sebelum masuk ke pemateri ada beberapa sambutan yang di sampaikan langsung oleh ketua TPID pringgbaya. Beberapa hal yang disampaikan adalah “kegiatan pelatihan ini akan berbicara tentang bagaimana mennagani stunting di wilayah pringgbaya, kegiatan ini terleaksana setelah kegiatan pertama bursa inovasi yang sudah dilaksanakan di desa seruni mumbul 11 juli 2019 yang lalu, selain itu Rusdi ketua TPID menambahkan agar sekdes dan kpm serius dalam mengikuti kegiatan ini karena kegiatan ini sangat penting dalam mencegah stunting di desa masing-masing.
Sambutan kedua yang disampaikan Mirwan salah satu pendamping desa kecamatan pringgbaya yang menyampaikan memaksimalkan peran kader pembangunan manusia dalam mengatasi permasalahan stunting dan pencegahnya selain itu himbaun kepada sekdes agar melakukan pengawalan dana desa agar di gunakan sebaik mungkin, kami akan memfasilitasi bapak/ibu semua semata-mata sebagai tanggung jawab profesi dan kemanusiaan kita terhadapprogram-program pemerintah yang mengarah kepada kesejatraan rakyat tutupnya.
Samnutan yang terakhir di sampaikan Muhadis Tenaga Ahli TPID kabupatenmenyampaiakn konvergensi stunting inilah yang menjadi fokus kita tiga hari kedepan, dana desa pada tahun 2020 tidak akan dicairkan bila mana tidak ada laporan stunting dari kpm, adapun harpana Muhadis kedepan Rancangan Rumah Desa sehat bisa direalisasikan tutupnya.
Permasalahan stunting adalah masalah yang besar karena di Indonesia tercatat 9 juta balita Indonesia mengalami stunting. Semoga saja apa yang di laksankan hari ini bisa di terapkan oleh desa se-kecamatan pringgbaya agar tidak ada lagi stunting di se-kecamatan pringgabaya. 
By:Badri_asa

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru