DPMDes Gelar Bursa Inovasi Desa

Dana desa yang terus digulirkan pemerintah untuk menciptakan desa yang mandiri. Sehingga daerah diharapkan mampu merespon program pemerintah untuk mendorong desa agar memberdayakan masyarakatnya. program inovasi desa adalah program pemanfaatan dana desa yang terkait dg usulan desa dan bersifat inovatif. Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) menggelar Bursa Inovasi Desa pada tiga rumpun (cluster).


Kepala DPMDes Kabupaten Bima melalui H. Adnan Jamal, S.Sos Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat Teknologi Tepat Guna (UEM TTG) Rabu (17/7) mengatakan, program inovasi desa adalah program pemanfaatan dana desa yang terkait dg usulan desa dan bersifat inovatif.

Dikatakan H. Adnan, pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) tahun ini berbeda dibanding tahun sebelumnya. Jika tahun lalu bursa inovasi dipusatkan pada satu tempat, maka tahun ini dibagi dalam  3 cluster.

"Bursa Inovasi Desa (BID) Kluster I berlangsung berlangsung Selasa (16/7) di Paruga Nae Bolo yang mengikutsertakan 6 kecamatan.

Sehari sebelumnya Senin (15/7) kegiatan yang sama dipusatkan di aula STKIP Taman Siswa diikuti 8 kecamatan dan selanjutnya, BID kluster III akan diselenggarakan Rabu 24 Juli yang melibatkan empat Kecamatan di Gedung Serbaguna Kecamatan Sape.

Dikatakannya, melalui kegiatan yang bersumber dari dana dana APBN di Kemendes ini, diharapkan muncul usulan dari desa yang bersifat  inovatif untuk  dimasukkan pada perencanaan desa melalui Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDES) tahun 2020". Jelas Adnan. (Diskominfostik Kab Bima-KM Lengga/KIM Wawo)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru