Kampung KB Gandeng Kampung Media


Inovasi Kampung Media Provinsi NTB mendapat perhatian yang cukup penting sebagai layanan informasi dalam mendorong pengembangan program Kampung Keluarga Berancana di NTB. Kebijakan ini diambil untuk mendapat dukungan penuh dari Komunitas Kampung Media sebagai inovasi layanan publik  di daerah.

Kepala Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi BKKBN NTB, Syamsul Anam menjelaskan, program yang terus didorong oleh pemerintah pusat diseluruh daerah menjalankan berbagai program agar kampung KB dapat terbentuk. Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) menjadi lokus utama untuk mewujudkan keluarga sejahtera yang disebut sebagai Kampung KB.

"Untuk mensukseskan program ini, Kami gandeng Kampung Media sebagai mitra dalam mendukung segala program yang dicanangkan," ungkapnya pada acara Pengembangan dan pendampingan pelaksanaan advokasi Program KKBPK di Kabupaten  Sumbawa, Selasa (21/5).

Menurutnya, Kampung Media merupakan sebuah terobosan baru yang mempu memberikan efek pada berjalannya sebuah program kerja Kampung KB. komunitas Kampung Media memiliki peran penting di seluruh desa yang ada di NTB. Oleh Karena itu, ini sebagai langkah tepat untuk program Kampung KB dapat bergandengan dengan Kampung Media.

"Kampung Media memiliki komunitas banyak dan informasi adalah kekuatannya," tuturnya.

Merunut dari kesuksesan Kampung Media sebagai salah satu top inovasi nasional, tentu didasari oleh komitmen dan perjuangan yang panjang dilakukan oleh sang inovator maupun komunitasnya. Sehingga Kampung Media dapat dikenal dalam skala nasional bahkan Internasional.

Kepala Kampung Media, Fairuz Abadi menjelaskan, memiliki latar belakang seorang santri mencoba menciptakan terobosan pemikiran baru dalam perspektif dakwah. Terobosan itu sebagai media untuk menyampaikan hal-hal baik.

"Kampung sebagai lokus utama, dimana kita dapat menjadikan  sebagai sandaran dan pijakan itu saya mulai dari kampung," jelasnya diantara puluhan komunitas program KB.

Ia mengatakan, kampung merupakan ruang untuk berdakwah, bertukar cerita dan bertukar pendapat. Program Kampung KB yang dijalankan selama ini dapat disinergikan dengan Kampung Media, kebijakan ini perlu untuk terus ditingkatkan. Karena salah satu kekuatang Kampung Media adalah informasi.

"Saya rasa Kampung KB juga harus perkuat informasi kepada seluruh elemen masyarakat," ungkap kepala KM.

Memiliki kekuatan di bidang informasi, Kampung Media semakin melebarkan sayapnya diberbagai lini pembangunan sebagai pelayanan informasi publik yang kuat untuk dijadikan sebagai mitra kerja. (Man-TM).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru