Sosialisasi Program Kemenag Kota Bima Di MAN 2

Kota Bima, KM. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima, Drs. H.A. Munir melakukan pembinaan sekaligus silaturrahim dengan seluruh pegawai dan guru Madrasah Aliyah (MA) Negeri 2 Kota Bima, Sabtu pagi (04/05/2019). Kegiatan diadakan di Aula MAN 2 Kota Bima turut dihadiri Kasubbag TU Kantor Kemenag Kota Bima dan Kepala MAN 2 Kota Bima.   

Dalam arahannya Kepala Kantor mengingatkan tugas dan tanggung jawab seorang ASN sekaligus tugas seorang guru. Guru senantiasa harus menjaga sikap dan perilaku. Karena guru adalah teladan.  

Seorang guru jangan sekali-kali menyatakan kata-kata kasar kepada siswanya. Karena kata-kata akan selalu diingat”, jelas Munir.

Untuk para pegawai pun Kepala Kantor berpesan, jangan bermalas-malasan dalam bekerja. Bekerja sesuai tugas dan fungsinya. Kepala Madrasah dan Kepala TU sangat berperan dalam mengawasi para pegawai dan guru. Jika seluruh warga madrasah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, dipastikan madrasah akan berkembang dengan baik.

Kegiatan pembinaan dirangkaikan dengan Sosialisasi Jam Kerja ASN Selama Bulan Ramadhan, yang disampaikan oleh Analis Kepegawaian Kantor Kemenag Kota Bima, H. Burhan, S.Sos dan Sosialisasi SI-EKA (Sistem Informasi Elektronik Kinerja ASN) Kementerian Agama RI, yang disampaikan oleh Abdurrahim, S.Kom, M.Pd, Pejabat Fungsional Pranata Komputer Ahli Muda Kantor Kemenag Kota Bima.  

Analis Kepegawaian menjelaskan, selama bulan Ramadhan 1440 H, pemerintah melakukan penyesuaian jam kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri. Hal tersebut dilakukan agar kinerja ASN tetap efektif meskipun dalam kondisi berpuasa.

Berikut ini jam kerja bagi para ASN, TNI, dan Polri selama bulan suci Ramadhan:

1. Bagi instansi pemerintah yang melakukan lima hari kerja:

a) Hari Senin sampai dengan Kamis: Pukul 08.00-15.00 / waktu istirahat: 12.00-12.30

b) Hari Jumat: pukul 08.00-15.30 / waktu istirahat 11.30-12.30

2. Bagi instansi pemerintah yang memberlakukan enam hari kerja:

a) Hari Senin sampai dengan Kamis, dan Sabtu: pukul 08.00-14.00 / waktu istirahat: pukul 12.00-12.30

b) Hari Jumat: pukul 08.00-14.30 / waktu istirahat: pukul 11.30-12.30.

SI-EKA adalah aplikasi berbasis online keluaran Kemenag RI dan Kemenpan RB RI dalam menyongsong perubahan sistem penggajian pada tahun 2020 mendatang. Bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) yang berada di bawah naungan Kemenag RI nantinya wajib mengisi berbagai data yang diperlukan melalui SI-EKA ini. Hal ini dilakukan mengingat kedepannya sistem penggajian ASN akan diukur sesuai dengan kinerja yang dibayarkan yaitu Gaji Pokok dan Tunjangan Kerja.

Aplikasi SI-EKA dapat diakses di . Untuk dapat masuk ke aplikasi SI-EKA, diperlukan sebuah nama pengguna alias Username dan kata kunci atau Password (NIP).

Di dalam aplikasi Si-EKA terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan diantaranya:

Profil, Kegiatan Tahunan, Kegiatan Bulanan, Kegiatan Harian, Kegiatan Tambahan, Produktivitas, Laporan, Laporan Bulanan, Laporan Jumlah Kegiatan, Kegiatan Bulanan. Bawahan, Kegiatan Harian Bawahan, Kegiatan Produktivitas Bawahan, Laporan Bulanan Bawahan, Laporan Jumlah Kegiatan Bawahan, Laporan Kualitas, dan Library.  (NR)

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru