IBI NTB Kampanye Kesehatan Reproduksi di Inspiratif Expo

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi NTB, bertekad meningkatkan taraf kesehatan ibu dan anak. Khususnya kesehatan reproduksi perempuan dan tumbuh kembang anak. Hal ini penting untuk meningkatkan status kesehatan anak.


Pesan ini disampaikan ketua IBI NTB Hj. Tutik Herawati saat hadir menkampanyekan visi-misi IBI di gelaran Inspiratif Expo pekan ke 7, yang dihadiri oleh 100 bidan dan mahasiswa kebidanan, se Pulau Lombok.  Minggu (31/3)

Berbagai rangkian kegiatan yang diselenggaran IBI NTB menyambut hari ulang tahunnya yang ke-68, antara lain bakti social dibeberapa tempat, kampanye dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan reproduksi.

“HUT IBI ke 68 di NTB kami melakukan Baksos-baksos berkaitan dengan kampanye merawat ibu dan anak,” sebut Hj. Tutik Herawati, di depan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB Tribudi Prayitno dan Kepala Bidang IKP Fairuz Abadi.

Mengusng tema,  Bidan Mengawal Kesehatan Reproduksi Perempuan Indonesia melalui Pemeberdayaan Perempuan dan Optimalisasi pelayanan Kebidanan, IBI NTB terus memastikan hak-hak kesehatan reproduksi perempuan Indonesia.


IBI terus mengedukasi, sehingga perempuan mengetahui tentang merawat kesehatan reproduksi, sesuai siklus kehidupan, mulai dari remaja, calon ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas dan bayi baru lahir serta balita,” itu siklus kehidupan yang perlu dijaga,” kata ketua IBI ini.

Peran bidan di masyarakat sangat lah dibutuhkan, untuk menjaga tingkat kematian ibu hamil. Faktor tersebut menjadi indikator utama penerapan standar pelayanan minimum yang ditetapkan Kemenkes.

“ Masalah kamatian ibu hamil dan anak harus ditangani dengan serius, IBI sebagai penolong pertama harus bekerja maksimal, namun kita harapkan juga pemeriksaan Ifa bagi kaum ibu secara berkala harus dilakukan, ini salah satu faktor kematian ibu hamil,” tutur Hj. Tutik Herawati

Dengan seragam Putih-putih ratusan bidan dari desa-desa,  mahasiswa Akademi Kebidanan dari kampus yang ada di kota mataram, dan pengurus IBI NTB menghibur pengunjung IE pada Car Free Day udayana dengan melakukan flas mob dan pembagian doorprize.


Pekan ke 7 Inspiratif Expo Minggu ini, mengahadirkan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG NTB) kantor NTB yang mensosialisasikan tentang peran dan fungsi BMKG dalam memberikan informasi yang benar tentang keadaan cuaca, musim dan gempa bumi.

Melayani masyarakat yang penikmat udara bersih di Udayana , IE juga menghadirkan Pelayanan Kesehatan Gratis dari Tim Dokter Fakultas Kedokteran Al.Azhar. Presentasi Zero Waste dari Santri Madrasah Alam Sayang Ibu. Denga menghadirkan 150 Santri sekaligus demo Pameran Hasta Karya dan Pemeriksaan kesehatan gratis dari Madrasah.

Tarian Ala Santri dari Madrasah Alam Sayang Ibu dari Geriya Lombok Barat, Atraksi Jimbe dan Demo Lukis dari Santi Nusa Alam Sayang Ibu memeriahkan rangkian Inspiratif Expo besutan Diskominfotik Provinsi NTB.

Pengunjung Inspiratif Expo di CFD juga dimanjakan dengan aneka kuliner yang berjejer sepanjang stand menawarkan anekan makanan dan minuman hasil produk UKM. Toko Tani Center mengobral murah Sembako untuk meringakan harga bagi masyarakat. (Edy-Tim Media).


Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru