NTB Satu Data Sebagai Pelayanan Masyarakat

NTB Satu Data merupakan sebuah Portal Sistem Data Terbuka yang menyediakan data resmi Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dihimpun dari berbagai Organisasi Perangkat daerah dan Pemangku Kepentingan lainya kepada masyarakat.

Berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik Daerah NTB (BPS), Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik NTB (Diskominfotik) terus berupaya mengoptimalkan fungsi dari NTB Satu Data tersebut. Salah satu ikhtiar Diskominfotik NTB adalah dengan menyelenggarakan sosialisasi kepada seluruh OPD yang menjadi partisipan dalam portal NTB Satu Data (26/3).

"OPD sebagai produsen data dalam portal NTB Satu Data ini harus bekerjasama mengisi seluruh data yang dibutuhkan. Paling lambat satu April, semua data  harus sudah dientri," himbau Kadis Kominfotik NTB.

Kerjasama dalam mengoptimalkan NTB Satu Data ini dijelaskan Tri Budiprayitno merupakan ikhtiar pemerintah dalam melayani masyarakat khususnya pada pelayanan informasi publik.

"Semakin kemari pemerintah yang melayani adalah sebuah tuntutan," jelas Kadis.

Lebih jauh, Tri Budiprayitno berpesan kepada seluruh OPD di NTB agar dapat menyuguhkan data-data sektoral yang beragam, akurat, faktual, dan tepat waktu. Hal tersebut dikarenakan suguhan data ini akan menjadi ukuran kinerja masing-masing OPD.

"Dari situ tergambarkan dinas mana yang serius mengolah data," tandasnya.

I Putu Dyatmika pemateri dari BPS NTB sendiri hadir membawakan materi mengenai Pengimputan data, dasar teori statistik sektoral dan pengandalan mendata.

"Dan jangan lupa yang terpenting dalam mendata adalah kosistensi data," pesan Dika kepada seluruh peserta yang nantinya akan menjadi admin dalam portal NTB Satu Data. 

Ketersediaan data yang lengkap dan berkualitas adalah sebuah keharusan, karena dengan data yang lengkap dan berkualitas dapat dibuat perencanaan, monitoring dan evaluasi serta dapat memformulasikan kebijakan yang tepat sasaran dan fokus. Untuk itulah Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB terus meningkatkan kualitas data yang dihasilkan. (novita-tim media)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru