Carfreeday Tanpa Inspiratif Expo Terasa Garing

Banyak masukan yang disampaikan oleh masyarakat baik melalui sms center maupun secara langsung, meminta bahwa Inspiratis Expo segera kembali digelar, karena kerinduan masyarakat terhadap pameran inspiratif yang dihelat setiap Minggu pagi di jalan Udayana tak terbendung lagi. 

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB, Drs. Tribudipraytno, M. Si saat memberi sambutan pada gelaran perdana IE tahun 2019 di Car Free Day Udayana, Mataram (10/2).

"Car Free Day tanpa Inspiratif Expo terasa Garing. Jadi Inspiratif Expo adalah Car Free Day begitupun sebaliknya," Ungkap Mas Iyit sapaan akrab kepala Diskominfotik NTB tersebut.

Selama tiga tahun gagasan Kominfotik NTB ini digelar, banyak fasilitas serta layanan gratis yang disajikan untuk masyarakat, mulai dari cek kesehatan gratis,  beragam kuliner disuguhkan, voucer belanja serta hadiah menarik lainnya. Bahkan juga layanan informasi yang disampaikan oleh pemerintah maupun swasta, juga pameran dari pemuda-pemuda dengan beragama talenta dan prestasi yang tampilkan.


"Sehingga pada setiap gelaran pameran inspiratif ini selalu di nantikan oleh masyarakat," akuinya.

Tribudi juga menjelaskan, pada tahun 2019 ini Inspiratif Expo hanya mendapatkan jatah 25 paket gelaran. Sehingga pada bulan Januari kemarin, gelaran ini memang dikosongkan. Namun demikian, akan terus dimaksimalkan memberikan yang terbaik untuk masyarakat NTB. Sebelumnya, pada tahun 2017 hanya mendapat 10 paket gelaran, tahun 2018 sebanyak 40 paket dan pada tahun 2019 terdapat 25 paket gelaran.


"Melihat antusias serta dampaknya terhadap masyarakat, Inspiratif Expo sudah menjadi bagian dari Car Free Day yang akan terus dikembangkan oleh kami," jelas Tribudipraytno di hadapan Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah bersama beberapa kepala OPD yang hadir.

Untuk menjawab kebutuhan itu, Pihak Diskominfotik NTB sudah meminta kepada pemerintah Kota Mataram agar diupayakan ada penambahan durasi waktu yang biasa dimulai pada jam 6:00 sampai 9:00 WIB terasa sangat singkat "kami sudah mendiskusikan bersama walikota Mataram, semoga durasi Car Free Day akan ditambah atau mungkin ada penambahan ruang-ruang publik di sepanjang jalan Udayana," tutur Tribudipraytno.


Pada kesempatan itu juga, Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah berharap, dengan adanya Inspiratif Expo ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup NTB untuk menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Rugi kalau dinas-dinas tidak memanfaatkan gelaran ini untuk menyampaikan hal-hal baik. Sehingga masyarakat tahu tentang perkembangan NTB," tuturnya.

Pada gelaran perdana tahun ketiga kali ini, dirangkaikan dengan launching program unggulan pemerintah NTB yaitu Zero Waste atau bebas sampah di area Carfreeday sekaligus memperingati HUT Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang ke-18 dihadiri oleh  Sekda Provinsi NTB Rosiady Sayuti, Kepala Dinas LHK, Madani Mukarom, Direktur RSUP NTB, Hamzi Fikri, Kepala Dispora, Husnanidiaty, Kepala BPOM beserta jajarannya serta dimeriahkan oleh aksi pungut sampah oleh seluruh pengunjung. (Man)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru