Sahabat Ombudsman Perkuat Sosialisasi NTB Care

Sahabat Ombudsman RI perwakilan daerah Provinsi NTB melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi Informatikan dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB di ruang rapat kepala dinas, Mataram (4/2). Dalam kunjungan tersebut, Ombudsman akan memperkuat kerja sama dalam mensosilisasikan aplikasi "NTB Care" kepada masyarakat luas serta mempelajari bagaimana sistem aplikasi ini melayani masyarakat untuk menyampaikan pengaduan kepada pemerintah terhadap problem-problem yang terjadi di sekitar masyarakat itu sendiri.

Asisten Bidang Pencegahan Ombudsman RI perwakilan NTB, Yudi Darmadi mengatakan bahwa upaya Pemerintah NTB melalui Dinas Kominfotik terkait pelayanan yang mendekatkan masyarakat dengan pemerintah.


"Ada aplikasi "NTB Care" yang sedang dikembangkan oleh Dinas Kominfotik NTB. Oleh karena itu, kami mengajak sekitar tiga puluhan sahabat Ombudsman untuk mengenali sistem kerja aplikasi berbasis android tersebut," jelas Yudi.


Mewakili Pimpinan, Kepala Bidang Persandian dan Pengamanan Informasi Diskominfotik NTB, H. Mahmud menyambut terbuka rombongan Ombudsman untuk memperkuat kerja sama dalam mensosialisasikan aplikasi "NTB Care" kepada seluruh lapisan masyarakat NTB. 

"Kami sangat bangga atas kunjungan ini, semoga kerja sama ini dapat memberikan efek yang positif untuk pengaduan masyarakat kepada pemerintah melalui Aplikasi "NTB Care" ke depannya," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Yudi Darmadi, juga mengatakan, cara untuk meningkatkan kapasitas dalam mengenalkan kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, pengaduan dan keluh kesah. Dan bagaimana pengaduan itu dikelola sehingga sampai kepada pemerintah, membutuhkan informasi yang efektif serta sosialisasi yang intensif.

"Bagi kami sendiri, ini merupakan evaluasi kinerja. Sehingga apapun yang menjadi masukan tentang pengaduan dan itu salah satu kewajiban pemerintah untuk memenuhinya serta menjadi bagian dalam upaya perbaikan pelayanan publik," tuturnya.


Dalam kesempatan itu juga, Koordinator Pranata Kompunter (Prakom) Diskominfotik NTB, Yasrul memberikan pelatihan singkat, bagaimana cara, mendowloand, proses memasukan pengaduan serta jawaban dari setiap OPD lingkup NTB yang terkait dengan tujuan pengaduan masyarakat. Tim prakom ini juga sebagai penggagas dari cover serta fitur yang terdapat dalam aplikasi "NTB Care". (Man)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru