Respon Pengaduan di NTB Care Ditunggu Masyarakat

Keinginan Pemerintah Provinsi NT
B untuk selalu berada ditengah masyarakat terus digaungkan lewat NTB Care. Program NTB Care menjadi mata dan telinga pemerintah untuk memahami dan merespon pengaduan masyarakat. Selama ini pengaduan atau laporan masyarakat hanya sampai dipintu kantor pemerintah saja, namun dengan NTB Care mampu menembus protokoler kepala daerah.

Hal ini disampaikan Sekdis Kominfotik NTB Fairuz Abadi, yang hadir mewakili Kepala Dinas Kominfotik NTB pada acara Pelatihan Admin Sistem dan OPD Aplikasi NTB Care, Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah. Senin (28/1) di Praya.

"Laporan pengaduan masyarakat tersebut disampaikan secara langsung tanpa melalui prosedur dan protokoler yang berbelit dan menghemat waktu," kata Fairuz dihadapan Sekda Loteng H. Nursiah.

Program NTB Care, aplikasi berbasis Android itu menjadi pintu semua pengaduan dan masukan untuk Pemerintah Provinsi yang dapat dilihat dan dipantau langsung Pimpinan Daerah sebagai upaya mendekatkan dan memangkas birokrasi.

Pemprov NTB melalui Dinas Kominfotik gencar mensosialisasikan program ini. Bahkan bersama Kabupaten/Kota telah dibuat MOU, sebagai bentuk keseriusan pemrintah dalam pelayanan publik. Tinggal menunggu respon yang diharapkan oleh masyarakat. Acara Pelatihan Admin Sistem dan OPD Aplikasi NTB Care di Lombok Tengah, merupakan Kabupaten yang kedua digelar acara yang sama.

Menurut data dari Admin utama Diskominfotik NTB, ada 231 laporan pengaduan melalui NTB Care yang disampaikan untuk Kabupaten Lombok Tengah. Sebanyak 22 laporan berisi tentang pengaduan tentang infrastruktur seperti jalan raya. "Rata-rata pengaduan masyarakat kita di daerah beisi pengaduan bidang infrastruktur,"ungkap Sekdis.


Berbagai pengaduan berupa laporan dan informasi yang disampaikan masyarakat, diharapkan mampu cepat ditanggapi dan ditindaklanjuti oleh  OPD terkait. Diskominfotik NTB sebagai admin utama akan menyampaikan ke admin pengendali di Dinas Kominfo Kabupaten/Kota kemudian diteruskan ke admin OPD.

"Respon cepat dengan menjawab pengaduan tersebut sangat ditunggu masyarakat kita untuk menjawab kegalauannya," pesan Fairuz kepada Kepala OPD se Loteng.

Pada aplikasi NTB Care ini tidak hanya memuat konten laporan dan pegaduan saja. Namun berisi  informasi kegiatan pembangunan. ( Edy)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru