Aksi Bersih Sukseskan Zero Waste

Untuk menjaga pesisir pantai dan laut dari pencemaran dan mengsukseskan program Pemerintah Provinsi NTB tentang Zero Waste (Bebas Sampah) menuju tahun 2023, Museum Negeri NTB melakukan kegiatan bersih pantai di kawasan Bagek Kembar Kota Mataram, Rabu (23/1).

Kegiatan bersih pantai ini juga merupakan rangkian HUT Museum Negeri NTB yang ke 37. Seluruh karyawan museum NTB melakukan kegiatan bersih pantai. Diawali dengan jalan santai dari Museum Negeri NTB yang berada di Jalan Panjitilarnegara menuju ke Jalan Swakarsa lalu ke Jalan Arya Banjar Getas dan berakhir di Pantai Bagek Kembar.


Menurut Kepala Museum Negeri NTB, Drs. M. Zubair , kegiatan bersih pantai ini sejalan dengan program NTB Zero Waste yang dicanangkan Gubernur Nusa Tenggara Barat. “Museum Negeri NTB ikut mengkampanyekan sekaligus melakukan aksi nyata terhadap program Gubernur NTB Zero Waste,” jelas Zubair.

Pada kesempatan yang sama, Humas Museum Negeri NTB Cakra Virajati, mengatakan kegiatan dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial Museum Negeri NTB terhadap lingkungan. Jika lingkungan dan pantai tercemar maka merugikan kita.

“Pantai salah satu tujuan utama bagi wisatawan yang datang ke Lombok, jika pantai kita kotor, wisatawan mana yang mau mengunjungi pantai itu. Untuk itu karena Museum NTB berada di wilayah Kota Mataram, kami memilih pantai Bagek Kembar untuk dibersihkan,”tegasnya di Pantai Bagek Kembar Rabu kemarin.

Selain bersih pantai, dilakukan juga berbagai kegiatan lomba dan outbond untuk karyawan internal museum negeri NTB sebagai bentuk refreshing dan membentuk kebersamaan tim.

Cuaca buruk, tidak menyurutkan niat pegawai Museum Negeri NTB untuk berhenti melaksanakan kegiatan bersih Pantai Bagek Kembar.

“Hujan dan angin tidak menghalangi semangat seluruh karyawan Museum Negeri NTB melakukan aksi bersih pantai. Puluhan kantong plastik sampah berhasil mereka kumpulkan untuk selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan akhir sampah terdekat,” kata Cakra.

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat telah berdiri sejak 23 Januari 1982. Museum kebanggan warga NTB ini memiliki 7698 koleksi. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Museum Negeri NTB, jangan khawatir karena harga mahal, cukup merogoh kocek 4000 rupiah. (Edy)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru