Masyarakat Diajak Kawal Pendistribusian Pupuk

Peraan TNI dan jajaran dibawahnya termasuk Babinsa benar - benar dioptimalkan. Tidak hanya mengawal dan mengawasi distribusi pupuk, tapi dari distribusi ke pengecer hingga ke petani.

Hal ini, sesuai dengan MoU antara Kementerian Pertanian dengan TNI AD. Sehingga jajaran Kodim 1608/Bima,  turutserta dalam pendampingan terhadap berbagai macam aktivitas bidang pertanian, termasuk distribusi pupuk.

Permasalahan harga pupuk hingga kelangkaan pupuk diwilayah Kota dan Kabupaten Bima, Babinsa Kodim 1608/Bima, terus memaksimalkan perannya guna meminimalisir efek negatif yang mungkin bisa timbul.

Anggota Kodim, Serma Loren dan Pelda Safrudin pernah mengungkap adanya sistem paket dalam penjualan pupuk. Sehingga aktivitas pengawalan dan pendampingan (Walping) distribusi pupuk di hampir semua wilayah Kabupaten maupun Kota Bima harus ketat diawasi.

Berbagai langkah dan upaya dilakukan, termasuk mensosialisasikan dan memediasi setiap permasalahan yang timbul, seperti distribusi yang tidak merata dan kekurangan pupuk. Namun masalah dalam sistem penjualan maupun distribusi pupuk dapat diselesaikan.

Persoalan terbaru masalah pupuk, beberapa hari yang lalu saat Babinsa Desa Tente, Sertu Faris beserta tim Resmob Polres Kab Bima mengungkap rencana penjualan ratusan sak pupuk subsidi diwilayah Tente. Kasus ini sekarang dalam penyelidikan Polres Kab Bima.

Komandan Kodim 1608 Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra , mengapresiasi kinerja Babinsa.  Bangga kepada jajaran Babinsa yang telah menunjukkan semangat, dedikasi dan kinerja yang luar biasa bersama masayarakat mengawal distribusi pupuk.

“Masyarakat diharapkan, bekerjasama dengan Babinsa untuk ikut mengawal dan memberikan informasi bila diketahui terdapat penimbunan pupuk, harga yang melampui HET dan penjualan diluar wilayah subsidi pupu,” ajak Dandim

Peran serta masyarakat memberikan dampak yang baik untuk meminimalisir upaya-upaya nakal dari oknum-oknum yang ingin memperoleh keuntungan dengam cara yang ilegal. (Edy)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru