Dinas Kominfo Provinsi Perlu Memperkuat Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi NTB Care

Kampung-Media.com— Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) perlu memperkuat sosialisasi aplikasi pemanfaatan aplikasi NTB Care yang diluncurkan pada 16 Oktober 2018. Masalahnya aplikasi tersebut belum banyak diketahui oleh masyarakat luas sehingga pemanfaatannya tidak optimal.

Diketahui sebelumnya, Pemerintahan Gubernur NTB  DR H Zulkieflimansyah dan Wagub DR Hj Sitti Rohmi Djalilah memiliki 15 komitmen mewujudkan NTB Gemilang. Salah satu poin itu adalah peluncuran NTB Care, sistem penanganan masalah sosial darurat.

Warga Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, Juliadin mengaku hingga kini pihaknya belum mengetahui keberadaan aplikasi NTB Care. Padahal sudah lama menggunakan smartphone. Pihaknya baru mengetahui terdapat aplikasi NTB Care setelah diinformasikan oleh kru Kampung Media Wadupa’a/ KIM Soromandi.

“Semestinya jika ada hal yang positif yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat itu disebarkan secara luas. Kalau tahu ada aplikasi begini kan masyarakat bisa menyampaikan langsung unek-uneknya kepada Pak Gubernur,” katanya kepada Kampung-Media.com, Kamis (17/1/2019).

Pihaknya mengapresiai terobosan yang dilakukan Gubernur Zul diawal kepemimpinannya sudah mau menyiapkan aplikasi yang dapat menghubungkan rakyat dengan pemimpin.

Menurutnya, banyak keunggulan aplikasi tersebut karena kini masyarakat tak hanya perlu menyampaikan aspirasi atau keluhan dan laporan peristiwa di sekitarnya melalui sosial media, melainkan lebih praktis melalui aplikasi NTB Care.

“Untuk upaya mitigasi bencana alam juga bagus. Atau bila ada permasalahan infrastruktur. Kami lihat aplikasinya praktis, di sana bisa langsung dijawab oleh stake holder dan pihak dinas terkait langsung,” ujar alumnus Perguruan Tinggi di Mataram ini. [AYU]

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru