Pemohon Belum Faham, Sidang Ditunda

Komisi Informasi (KI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar sidang pertama sebagai tahap pemeriksaan awal antara pemohon Purniawan mewakili masyarakat peduli dana Desa dengan Termohon Muhammad Haikal selaku Kepala Desa Ranggagata Kec. Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah. Berlangsung di ruang Sidang KI, Senin 26/11/18.

Adapun pemohon meminta informasi kepada pemerintah Desa terkait data APBDES tahun anggaran 2017 dan 2018, Data laporan keuangan pengalokasian dana  APBdes yang diberikan oleh pemerintah pusat, buku rekening kas desa yang ada di Bank NTB, dan data laporan keuangan BUMDES tahun 2017, 2018, dan daftar nama peminjam.

Saat sidang berlangsung pemohon belum terlalu paham dalam mekanisme sidang, sehingga dalam menjelaskan apa yang ditanyakan oleh majelis sidang tidak mampu memberikan jawaban yang bisa diterima. Ia mengaku informasi yang diminta dalam penggunaannya hanya untuk mengetahui saja.

Dari penjelasan itulah kata kepala desa belum bisa memberikan dokumen atau informasi yang diminta. Ia mengungkapkan bahwa kelompok masyarakat peduli dana desa ini belum jelas memberikan bukti-bukti mengenai adanya anggota dari kelompok peduli dana masyarakat. 

"Salah satunya kop surat tentang masyarakat peduli dana desa tidak dapat dijelaskan oleh pihak pemohon, maka dari itu pemerintah desa tidak dapat memberikan informasi-informasi yang diminta oleh pemohon,"ungkap Haikal selaku Kepala Desa Ranggagata.

Majelis Hakim juga menilai yang menjadi permasalahan dari sidang ini adalah tujuan pemohon untuk meminta informasi atau dokumen tersebut masih terbilang sangat umum, karena hanya ingin mengetahui saja dan tidak digunakan untuk kepentingan apapun.

Sidang ini merupakan sidang pemeriksaan awal, majelis telah memeriksa materi persidangan berupa surat-surat mengenai pemohon dan termohon. 

"Atas permintaan pemohon hanya untuk mengetahui yang masih bersifat umum maka pada sidang majelis memutuskan untuk menunda sidang sampai pemberitahuan yang belum ditentukan,"jelas Pimpinan Majelis Hendriadi.

Bertindak sebagai ketua majelis Hendriadi, anggota Lalu. Ahmad Busyairi, H. M.Zaini serta sebagai panitera pengganti Rihatul Aini.(San/Husnul)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru