Pemerintah Siapkan 1000 Rumah Untuk Korban Gempa Lombok

Semuanya harus bersabar. Tabah dalam menghadapi cobaan ini. Bapak, Ibu, anak-anaku semuanya tidak boleh patah semangat dalam bencana Gempa Bumi.

Itulah pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo saat bertatap muka dan menemuin ratusan pengungsian Korban Gempa Lombok, Senin malam (13/8) di lapangan Tanjung Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Pemerintah akan segera membantu para korban gempa di Lombok. "Semuanya akan dibantu oleh pemerintah, jadi jangan khawatir," ucap Jokowi.

Setelah sempat berbincang dengan warga tentang kondisi keluarga dan tempat tinggal warganya, Jokowi menegaskan akan membangun kembali rumah warga.

Pemerintah akan memberikan uang sebesar 50 Juta Rupiah untuk membangun kembali rumah yang rubuh dan rusak berat. "Akan dibangun 1000 rumah, untuk bapak dan ibu," kata Joko Widodo.

Sedangkan rumah yang rusak sedang akan diberikan bantuan uang sebesar 25 Juta Rupiah." Pemerintah memberikan uang 50 juta Rupiah untuk bangun kembali rumahnya bapak, ibu dan 25 Juta Rupiah untuk rehab dan perbaiki rumah yang rusak sedang," jelas Jokowi.

Pembagunan rumah secara teknis akan ditangani oleh Kementerian PU. Pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur akan mengawasi jalannya proses pembangunan.

"Tahun 1979 di daerah ini pernah di landa gempa, artinya daerah kita termasuk wilayah rawan gempa, maka pembangunan rumah menggunakan sistim Risa," kata Presiden RI ini.

Bantuan uang tidak diberikan langsung namun dimasukan dalam tabungan. Hal ini dilakukan agar penerima uang tidak menggunakannya secara boros ke hal yang lain.

Presiden Joko Widodo di dampingi Menhamkam, Panglima TNI, Kapolri, Menteri PU, Kepala BNPB dan Gubernur NTB dihadapan pengungsi korban gempa bumi. (Edy-Tim Media)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru