Bantuan Tunai Presiden Untuk Korban Gempa Lombok

Sumbawa Barat. Diskominfo - Presiden Joko Widodo akan memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp50 juta kepada para korban Gempa Lombok. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk tabungan yang akan digunakan untuk membangun kembali rumah para korban.

"Pembangunan tersebut nantinya akan diawasi oleh Gubernur NTB, didampingi oleh Menteri PU PR karena rumah ini akan dibangun dengan teknologi Rumah Instan Sederhana (Risha) atau rumah anti gempa." Tutur Presiden dalam konferensi pers kepada awak media di Alun-alun Kantor Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU), Senin (13/8).

Dalam proses pembangunan tersebut Presiden memastikan bahwa dalam beberapa hari ke depan semen dan besi akan banyak didistribusikan ke Lombok Utara sehingga harga bahan-bahan bangunan tersebut menjadi murah. Dalam hal ini Presiden akan berkoordinasi dengan Menteri BUMN untuk mensuplai semen dan besi sebanyak-banyaknya ke KLU.

"Saya sudah perintahkan kepada panglima TNI supaya masalah yang ada segera diselesaikan, TNI, Polri, BNPB, Pemda dan Provinsi semuanya bekerja keras untuk hal ini". Ucap Presiden.

Dalam kunjungannya, Presiden didampingi oleh Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willlem Rampangilei meninjau posko pengungsian, tenda sekolah gembira anak, dan Rumah Sakit lapangan milik Kompi Danyonkes II Kostrad TNI yang telah melayani ratusan pasien korban Gempa. Presiden juga mengunjungi posko pengungsian di salah salah satu desa di Kecamatan Gangga.

"Masalah yang masih ada berkaitan dengan sanitasi. Kementerian PU PR akan memasang MCK sebanyak 200 unit dan yang sudah  terpasang baru 90 unit. Itupun masih dirasakan kurang." Ucap Presiden. [Diskominfo Sumbawa Barat/feryal/tifa]

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru