Peduli Gempa Lombok. Gempita dan Organisasi Pemuda KSB Galang Dana.

Sumbawa Barat. Diskominfo - Bentuk kepedulian sejumlah LSM dan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada korban bencana Gempa Lombok, Gerakan Masyarakat Peduli Anti Narkoba (Gempita) KSB mengadakan penggalangan dana, Aksi galang dana tersebut dilakukan di beberapa titik di dalam Kota taliwang. penggalangan dana tersebut telah dilakukan sejak beberapa hari lalu.

"Gerakan penggalangan dana ini bukan saja di jalan, tetapi Gempita juga masuk ke toko-toko dan pasar, kami usahakan semaksimal mungkin mengumpulkan bantuan untuk teman-teman di lombok, dan yang kita harapkan bukan saja danai tunai tetapi juga berupa barang-barang lain yang dibutuhkan oleh para korban di sana." Ujar Ketua Gempita KSB, Baharuddin Makasau, ST., saat ditemui di lokasi penggalangan dana, Senin malam (06/08).

Baharuddin mengungkapkan, respon dari masyarakat KSB sungguh luar biasa, pihaknya juga mendapatkan bantuan berupa dana tunai dari Persatuan Guru TK se-KSB, dari remaja masjid Beleong menyumbangkan pakaian layak pakai. Sejauh ini Gempita belum bisa memastikan berapa total bantuan yang terkumpul, karena masih dalam proses pengumpulan dan belum dikalkulasikan.

Pihak Gempita juga akan mempertimbangkan untuk bekerjasama dengan Pemda KSB sehingga bisa mendistribusikan bantuan secara bersama-sama. "kami tidak ingin menggunakan satu rupiah pun dana sumbangan yang terkumpul ini untuk pembiayaan kami berangkat pulang pergi ke lokasi, jadi semua yang kami kumpulkan ini 100 persen akan kami salurkan kepada korban." Tutur Baharuddin.

Untuk lebih efektif dan maksimalnya bantuan yang akan di salurkan nanti, pihak Gempita telah berkoordinasi dengan beberapa relawan yang ada di Lombok, sehingga nanti yang didistribusikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat korban gempa, informasi ini sangat penting sehingga bisa memadukan bantuan dari KSB dengan bantuan Kabupaten lain. Dari informasi yang dihimpun, para korban dampak gempa saat ini sangat membutuhkan makanan siap saji, air bersih, pakaian layak pakai dan obat-obatan. Harapan kami mudah-mudahan masyarakat KSB terbuka hatinya melihat musibah yang begitu parah di lombok sehingga bisa bergerak membantu.

Kerjasama juga dibangun oleh Gempita dengan beberapa kelompok pemuda termasuk dengan Pengcab Taekwondo KSB dalam mengumpulkan dana di beberapa Kecamatan di KSB. Untuk korban dampak Gempa yang ada di KSB pihak gempita juga akan berusaha membantu.

Selain itu, organisasi pemuda mahasiswa Taliwang juga memperlihatkan kepeduliannya dengan cara aksi menggalang dana. "Ini bentuk peduli kami  kepada para korban dampak Gempa, kami gabungan dari oraganisasi dan beberapa perkumpulan anak muda yang sangat peduli dan merespon ini dengan aksi penggalangan dana." Tutur Fikri Insani, Selaku Koordinator Pemuda Mahasiswa KSB.

Fikri Memaparkan, penggalangan dana ini akan dilakukan selama dua hari dan hasilnya nanti secepatnya akan segera di salurkan karena mempertimbangkan bahwa korban di sana sangat membutuhkan bantuan. Penggalangan dana yang dilakukan para anak muda ini dilakukan sejak sore hingga pukul 22.00 wita dan untuk  sementara dana yang terkumpul adalah kurang lebih Rp.3juta dan masih akan bertambah hingga esok hari.

"Semoga yang diberikan oleh masyarakat khususnya pengguna jalan kota taliwang bisa bermanfaat bagi korban Gempa nantinya." Harapannya. Untuk cara pendistribusian bantuan tersebut akan didiskusikan lagi dengan teman-teman apakah akan langsung didistribusikan ke lokasi bencana atau melalui posko-posko relawan yang ada di KSB. [Diskominfo Sumbawa Barat/feryal/tifa].

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru