MC Tanggap Bencana Lombok di Gedung Sangkareang

Untuk memberikan informasi akurat dan benar tentang situasi Gempa Bumi yang mengguncang Lombok, Minggu (5/8) dengan skala 7.00 SR, Kemenkominfo dan Pemrov. NTB telah membangun Media Center.

Ditemui saat meninjau pemasangan VSAT dan PC  menunjang Media Center di gedung Sangkareang Kantor Gubernur, Kepala Dinas Kominfotik NTB Tribusi Prayitno mengatakan, Media Center dibangun untuk menciptakan kepercayaan publik terhadap pemerintah dalam situasi tanggap darurat bencana.

Keberadaan media center tanggap bencana ini dirasa sangat penting untuk menyampaikan informasi terkait situasi bencana. "informasi yang tersebar lewat dunia maya dan Sosmed dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Tribudi Prayitno.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dan Diskominfotik NTB  beserta seluruh unsur terkait bekerja sama mengoptimalkan fungsi media center untuk membantu proses penyebaran informasi yang dibutuhkan untuk mengatasi bencana gempa bumi di Lombok Utara dan Pulau Lombok pada umumnya.

"Kami mendukung keselamatan dan melayani kebutuhan publik melalui diseminasi yang cepat, tepat, dan juga akurat, saat tanggap bencana gempa ini," ujar Kadis Kominfotik.

Tim dari Kemenkominfo telah memasang VSAT untuk kebutuhan jaringan intenet. Sebanyak 8 Unit PC disediakan untuk pelaksanaan diseminasi informasi publik yang bisa diakses oleh siapa saja melalui jaringan internet, Selasa (7/8) di gedung Sangkareang Komplek kantor Gubernur NTB.

"Saat ini Media Center sudah dapat di akses, masyarakat dan media massa yang ingin mengetahui tentang infirmasi gempa bumi di Lombok bisa langsung ke Media Center Tanggap Bencana Lombok," ajak pak Yiyit.

Pembangunan Media Center dipantau langsung juga oleh Staf ahli Gubernur NTB Hartina, Kepala Bappeda NTB Ridwan Syah, Kadishub Lalu Bayu Windia, Kepala DPMPTSP Gita Aryadi. (Edy)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru