Dispar Lotim Akan Kumpulkan Pemerintah Desa

KM. Sukamulia – Kurangnya dukungan dari pihak Pemerintah Desa merupakan permasalahan yang sebagian besar dihadapi oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di seluruh wilayah Lotim. Terkait dengan hal itu, sebagian besar anggota Forum Pokdarwis Lotim mengintruksi Pihak Dinas Pariwisata dan Ketua Forum Pokdarwis unutuk segera memediasi permasalahan tersebut dengan mengumpulkan seluruh Kepala Desa yang memiliki Pokdarwis guna diberikan penyuluhan sadar wisata agar supaya pemerintah desa menyadari betapa pentingnya mengembangkan potensi wisata yang ada di desa mereka masing-masing dan kemudian bisa menjalin kerjasama serta memberikan dukungan moril ataupun materil kepada Pokdarwis dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di desa mereka.

Terkait dengan hal tersebut, Akhyak Mudin selaku Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata Lombok Timur memberikan respon positif atas instruksi anggota Forum Pokdarwis Lotim yang menghadiri acara Penyuluhan Sadar Wisata pada Kamis, 29 Maret 2018 yang diselenggarakan di Lesehat Sehati Sawing Kecamatan Selong.

Apa yang saudara-saudara ungkapkan memang benar adanya dan kamipun sudah memikirkan dan merencanakan untuk memberikan penyuluhan sadar wisata kepada pemerintah desa, khusunya kepala desa yang desanya sudah memiliki Pokdarwis. Untuk itu, kami mengagendakan Bulan depan kami akan mengadakan pertemuan dengan Kepala Desa yang memiliki Pokdarwis dengan tujuan untuk memberikan penyuluhan sadar wisata bagi mereka”, tegas Akhyak.

Menggeliatnya dunia kepariwisataan Kabupaten Lombok Timur tidak lepas dari peranan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Geliat itu tentunya harus ditingkatkan dengan action-actioan yang pada ahirnya dapat memajukan dunia kepariwisataan tersebut. Hanya saja, untuk mewujudkan hal dimaksud diperlukan kesadaran seluruh elemen dalam mendukung dan mensukseskan program pembangunan wisata yang tersebar di seluruh penjuru Lombok Timur. Untuk itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata perlu memberikan sosialisasi akan pentingnya mengembangkan potensi wisata yang dimiliki oleh masing-masing desa.

Keberadaan Pokdarwis sebagai bagian dari Tim Work Dinas Pariwisata memang memiliki peranan penting bagi kemajuan kepariwisataan suatu daerah. Namun demikian, program yang dilaksanakan oleh Pokdarwis tidak akan yang terbentuk di desa-desa yang mempunyai potensi wisata tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan dari berbagai elemen, terutama dukungan dari pihak pemerintah desa, tokoh masyarakat dan berbagai elemen lainnya. Hanya saja, saat ini tidak begitu banyak pemerintah desa (khususnya) di Lombok Timur yang memiliki keperdulian akan keberadaan Pokdarwis dan malahan tidak jarang pemerintah desa yang menjegal program-program yang dilakukan oleh Pokdarwis yang ada di desa mereka.

Untuk itu, tidak salah kiranya jika Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata Lotim mengagendakan untuk mengumpulkan Kepala Desa se-Lotim (khususnya desa yang memiliki Pokdarwis) guna memberikan penyuluhan sadar wisata bagi mereka. Bukan hanya itu, elemen lain di tingkat desa juga kiranya penting untuk diberikan hal yang sama, terutama BPD, LKMD, Bumdes dan elemen-elemen pemerintah desa lainnya agar supaya mereka dapat bersinergi dengan baik untuk membangun Desa Wisata bersama-sama dengan Pokdarwis yang ada di desa mereka.

Semoga ke depannya, seluruh elemen masyarakat Lombok Timur memiliki keperdulian akan pentingnya sadar wisata sehingga di masa mendatang Lombok Timur bisa menjadi Daerah Wisata yang kaya destinasi, professional dan dapat memenuhi kebutuhan yang dihendaki oleh wisatawan dunia.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru