Panganan Lokal Cerminan Provinsi NTB

Panganan lokal hadir di inspiratif expo sebagai cerminan daerah Nusa Tenggara Barat (NTB). Panganan lokal kali ini disajikan dalam lomba cipta menu  dengan kreasi dan inovasi para tim penggerak PKK 10 Kabupaten Kota di Nusa Tenggara Barat 

Mengusung tema menggerakan generasi muda dalam membangun pertanian menuju Indonesia lumbung pangan dunia, Dinas Ketahanan Pangan menyelenggarakan lomba cipta menu dan menghadirkan panganan lokal. Kiat ini sebagai rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Pangan Dunia yang ke 37 dalam momentum inspiratif expo. Minggu (10/12).

Panganan  lokal dalam lomba cipta menu ini dikreasikan dengan apik dan tentunya panitia pelaksana mematok standar pangan dengan komposisi Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Panganan yang disajikan ini memiliki komposisi seimbang dan dapat  dikonsumsi oleh berbagai kalangan.

"Standar penilaian panganan lokal yang disajikan haruslah sesuai dengan B2SA dan dapat dikonsumsi oleh anak-anak, Dewasa dan Lansia." ungkap Ir. Budi Septiyani Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Mempertahankan eksistensi panganan lokal dalam dunia kuliner dengan standar B2SA merupakan kiat dari Dinas Ketahanan Pangan membawa panganan lokal semakin dikenal publik.

Menggerakkan generasi muda dalam memviralkan pertanian dan panganan lokal penting dilakukan. Oleh karenanya pada hari pangan sedunia Generasi muda dilibatkan sebagai penggerak pertanian dan pangan Indonesia dan NTB khususnya.

"Penting halnya generasi muda kita dapat berperan aktif dalam kaitannya dengan pangan ini, dengan slogan B2SA. generasi muda dapat mengkonsumi makanan yg beragam, yang tentunya memiliki gizi yang seimbang dan Aman dari kandungan zat kimia berbahaya." imbuhnya.

Setiap peserta lomba cipta menu menyediakan berbagai pangan yg dapat dikonsumsi berbagai kalangan dalam hidangan untuk sarapan, makan siang dan makan malam.

Dari 10 tim penggerak PKK dalam lomba cipta menu, Kabupaten Sumbawa berhasil meraih juara pertama dengan panganan khas Sumbawa yang berdasarkan pada standar B2SA. Disusul oleh  Kabupaten Bima sebagai Runner up dan Kabupaten Lombok Barat sebagai juara 3. pada event ini setiap Kabupaten Kota memperkenalkan makanan khas masing-masing daerah.

Kehadiran panganan lokal di Inspiratif Expo selain dalam lomba cipta menu , panganan lokal juga turut dikenalkan kepada publik melalui stand yang disediakan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik NTB dalam even inspiratif Expo.

Stand inspiratif Expo menyediakan meja kuliner. pekan ke 16 inspiratif Expo kali ini panganan lokal merajalela. Dari setiap penjuru daerah NTB menawarkan makanan lokal yang dikemas dengan kemasan yang menarik. Jenis makanan pun beragam dari camilan, lauk dan berbagai minuman. []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru