Festival DBiP Menuju Pemdes Yang Terbuka

KM-RENSING BAT - Festival Desa Benderang Informasi Publik (DBiP) Nasional 2017 yang digelar Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Barat resmi dibuka oleh Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin di Hotel Lombok Raya Mataran pada hari Selasa 28/11/2017. Pembukaan festival yang dihadiri kurang lebih 2.500 Kepala Desa dan perangkat desa tersebut akan berlangsung tiga hari mulai Tanggal 28 sampai 30 November 2017. Pembukaan juga dihadiri oleh Forkopinda NTB dan para Komisioner Komisi Informasi NTB yaitu Ajeng Roslinda, Najamuddin Amy, Lalu A Busyairi, Hendriadi dan M Zaini.

Ketua Komisi Informasi NTB Ajeng Roslinda dalam sambutannya mengatakan, Festival ini merupakan bentuk konkret dari MoU antara Gubernur dan seluruh kepala desa se-NTB tanggal 6 oktober  2016 lalu. Saat itu Pak Gubernur menantang bahwa MoU jangan hanya kata-kata dan di atas kertas saja tapi harus berupa program nyata. “Oleh karena itu, festival ini sebagai jawaban atas tantangan Pak Gubernur tersebut,” kata Ketua KI NTB yang disambut tepuk tangan riuh hadirin. Selain itu, Ajeng menuturkan, bahwa KI harus berperan dalam menciptakan transparansi di pemerintahan tingkat terbawah dan mendorong partsisipasi publik di desa.

Festival yang diwarnai gelar budaya dengan tema “Membudayakan Keterbukaan Informasi dari Desa” tersebut akan diisi dengan berbagai atraksi kesenian, lomba cerdas tangkas, lomba gelar budaya antar desa dan seminar nasional bertema “Implementasi Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia” dengan sub-tema “Menurunkan Angka Kemiskinan melalui Penerapan Pemerintahan Terbuka”.
Lokasi kegiatan ini dibagi menjadi dua tempat, yakni di Hotel Lombok Raya dan Kompleks Islamic Center NTB, yang menjadi ikon destinasi wisata halal di Bumi Seribu Masjid tersebut.a_hm []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru