Balai ITE Sediakan Fasilitas Gratis Untuk Masyarakat

Unit Pelayan Teknis Dinas Informasi Teknologi dan Eduksi (Balai ITE) merupakan satunya-satunya UPTD yang berada dibawah Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Propinsi Nusa Tenggara Barat yang melayani jaringan internet dan data,  pelayanan penyediaan ruangan publik bagi semua elemen masyarakat.

Banyak masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan dan fungsi Balai ITE. Secara tugas pokok dan fungsinya dalam menyusun bahan kebijakan teknis, rencana program dan kegiatan, koordinasi, fasilitas, monitoring, evaluasi dan pelaporan serta pelayanan dan kerjasama dilingkup informasi teknologi dan edukasi.

Kepala Bidang Balai ITE, Abel Samsul Hatina, S.P, MM, mengatakan bahwa secara garis besar ada dua tugas utama pelayanan,  yang pertama berkaitan dengan pelayanan di bidang teknologi, informasi , maupun data dan kedua  menyiapkan pelayanan jaringan  internet gratis dan pelayanan tempat berkumpu bagi semua masyarakat baik itu mahasiwa, pelajar, komunitas dan masyarakat pada umumnya.

“Banyak masyarakat yang belum mengetahu keberadaan Balai ITE ini, hal ini menjadi tanda tanya bagi sebagaian masyarakat, saya berharap tulisan ini menjadi ajang sosialisasi untuk Balai ITE menginformasikan fungsi dan keberadaanya, sebagai tempat untuk memnfaatkan jaringan  internet dan tempat berkumpul, bersantai dan semua fasilitas,  sarana dan prasarana tersedia disini,” pungkas Abel.

Abel menambahkan pelayanan Jaringan Internet ada dua, jaringan di dalam atau inside dan jaringan internet mobile atau berpindah pindah pelayanan intenetnya. Pelayanan dari dalam  meliputi penyediaan fasilitas jaringan internet,  pertemuan komunitas atau rapat, ruang2, seperti pemanfaatan fasilitas seperti internet, wifi, proyektor dan termasuk ruangan, tempat untuk dimanfaatkan secara gratis, tapi sebelumnya koordinasi dan bersurat dulu dengan Balai ITE. ”Semuanya geratis." tegasnya.

Balai ITE juga menfasilitasi  kebutuhan masyarakat diluar kantor untuk penyediaan jaringan intenet fasilitasi pembuatan blog atau internet,  bagi pelajar, mahasiswa, Komunitas-komunitas, atau kelompok-kelompok masyarakat yang ingin meminta dukungan pelayanan jaringan internet diluar dari kantor Balai ITE.

“Kita memanfaatkan Mobil Pelayanan Internet yang difasilitasi 6 unit komputer dan seluruh perangkat pelayanan jaringan untuk melayani permintaan masyarakat, kami akan fasilitasi baik itu ditempat-tempat jauh dari luar kota Mataram,” tegas Abel. (Edy)

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru