Ayo Berantas Pungli

KM Bali 1, Dompu-Pembentukan serta pelantika Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Dompu yang dilangsungkan di Gedung Darmawanita Kabupaten Dompu Rabu (26/01) lalu, merupakan wujud nyata keseriusan Pemerintah dalam memberantas Budaya pungli yang berkembang ditengah institusi pemerintah saat ini. 
Pernyataan tersebut ditegaskan Wakil Bupati Dompu Arifuddin, SH saat melantik Tim Saber Pungli yang terdiri dari berbagai unsur seperti Kejaksaan Negeri Dompu, Kepolisian Polres Dompu maupun dari unsur pemerintah Daerah seperti Inspektorat Kabupaten Dompu.
Pembentukan Tim Saber Pungli ini juga dikatakan Wakil Bupati Dompu sebagai tindak lanjut dari peraturan Presiden RI Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Saber Pungli dan SK Bupati Nomor 800-34/inspektorat/2017 tentang Saber Pungli.
Dalam pidatonya, Wakil Bupati berharap Kepercayaan publik terhadap institusi pemerintah daerah dapat dikembalikan dengan melihat hasil kinerja yang akan ditunjukkan oleh Tim pemberantas Pungli di Kabupaten Dompu ini.”Pembentukan Tim Saberpungli ini bertujuan untuk memulihkan kepercayaan publik sehingga terbentuk kabupaten yang profesional “, ungkap Wakil Bupati.
Satgas ini dikatakan memiliki wewenang untuk memanfaatkan segala sarana dan prasarana yang ada sehingga dapat meberantas pungli secara efektif dan efisien. 
selain itu, Wakil Bupati berpesan kepada Satgas yang dibentuk agar dapat menjalankan tugasnya secara profesional dan bertanggung jawab sesuai dengan aturan yang berlaku. “saya juga berharap agar pemberantasan Pungli ini bisa dimulai dari diri sendiri sebelum ditegakkan kepada orang lain”, tegasnya.
lebih lanjut, Tim Saber Pungli diminta dapat melakukan pengumpulan data serta informasi sebagai upaya pencegahan dan penindakan terhadap aktifitas Pungli lalu kemudian melaporkan hasilnya kepada Bupati Dompu sebagai penanggung jawab Tim Saber Pungli.
“Apabila satgas Saberpungli ini mampu menjalankan tugasnya dengan baik maka aktifitas pungli akan dapat diatasi dan diberantas”, Lanjut Wakil Bupati. Menurut Wakil Bupati, hal ini dapat terwujud apabila masing-masing unsur dalam Tim Saber Pungli dapat menjalin kerja sama dengan harmonis baik sesama anggotanya maupun dengan komponen-komponen yang terkait. “saya mengucapkan selamat kepada Tim yang sudah dikukuhkan semoga dapat menjalankan amanahnya dengan sebaik-baiknya”, Kata Wakil Bupati mengakhiri Pidatonya.[Siol] -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru