Keterbukaan Anggaran

KM Sambang Kampung- Sebagai bentuk tanggungjawab seorang pemimpin di desa dalam menjalankan amanah terutama penggunaan anggran maka perlu laporan pertanggungjawaban baik kepada pemerintah maupun kepada masyarakat. Selama menjalankan pemerintahannya kepala desa harus transparan dalam penggunaan anggaran tersebut.

Kepala Desa Teros Suhardi menjadi salah satu contoh Kepala Desa yang mempublikasikan rencana anggaran dan realisasi penggunaan anggaran kepada masyarakat dengan memasang baliho berukuran 2 x 3 m di depan Kantor  Desa Teros. Seluruh aitem belanja di publikasikan secara menyeluruh sehingga masyarakat mengetahui seluruh penggunaan anggaran dana desa dan masyarakat juga dapat mengawasi pelaksanaan penggunaan dana tersebut.

Baliho yang bertuliskan Info Grafis APBDes ini menggambarkan prosentasi dan jumlah anggaran yang dipergunakan di masing-masing bidang pekerjaan, antara lain di bidang sarana dan prasarana, pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, belanja ATK dan sebagainya. Jumlah anggaran yang di kelola sebesar RP. 1.332.969.625.- per-tahun.

Dengan adanya keterbukaan seperti ini maka pembangunan di desa tidak akan mendapatkan banyak hambatan karena dana tersebut sudah jelas peruntukannya dan siapa saja bisa mengkritisinya dengan dasar yang kuat, bahkan masyarakat juga dapat memberikan saran dan masukan kepada pemerintah desa untuk meningkatkan kinerja dalam pembangunan.

Keterbukaan seperti ini membuat masyarakat menjadi merasa diberi kesempatan untuk ikut mengawasi jalannya roda pmerintahan di desa. Dengan demikian tingkat partisifasi masyarakat dalam menggerakkan pembangunan di desa akan terus meningkat. Semoga dengan adanya keterbukaan seperti ini memberikan warna baru dalam kehidupan di desa dan dapat mewujudkan masyarakat sejahterasa secara cepat. (Uyik)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru