Suplay Listrik Jelang Natal dan Tahun Baru di Sumbawa Aman

Sumbawa, Kabarbolo— Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Sumbawa Rea memastikan suplay listrik ke konsumen menjelang dan selama Natal dan tahun baru di Kabupaten Sumbawa aman.

Manager PLN Rayon Sumbawa Rea, Ahmad Syauki kepada Berita11.com mengatakan, tidak ada masalah dengan mesin pembangkit listrik di rayon setempat. Bahkan mesin 2,5 Megawatt (MW) yang sebelumnya devisit sudah kembali terpasang dan berfungsi secara normal setelah dilakukan pemeliharaan.

“Selama ini dilakukan devisit mesin untuk pemeliharaan. sehinga sudah bisa difungsikan kembali dan sudah terpasang,” katanya di Sumbawa Besar.  

PLN Rayon Sumbawa Rea memiliki kapasitas suplay listrik kepada pelanggan sebesar 37 MW. Selain itu, PLN setempat juga menyiapkan cadangan listrik 1 MW untuk mengantisipasi gangguan.

Kendati memastikan tidak ada masalah dengan suplay listrik. Diakui Ahmad Syauki, ada beberapa potensi gangguan yang bisa menyebabkan pemadaman secara tiba-tiba yaitu kondisi cuaca buruk (force majeur), hujan disertai angin yang dapat berdampak gangguan terhadap jaringan listrik.

Hingga kini PLN Rayon Sumbawa Rea memiliki jaringan listrik sepanjang 2.500 kilometer. Salahsatu paling rawan ganguan jaringan yaitu Kecamatan Langguar dan  Moyo Hilir. Karena dua wilayah merupakan daerah hutan yang dilalui jaringan listrik.

“Tentunya sangat sulit dikontrol dan sulit dilakukan pemangkasan dahan kayu oleh anggota di lapangan,” ujar Ahmad Syauki.

Diakuinya, kendala lain yang dihadapi PLN setempat yaitu kesadaran masyarakat yang tidak mengijinkan petugas memangkas pohon yang dilalui jaringan listrik. 

“Hambatannya itu, anggota di lapangan kadang tidak diijinkan memangkas pohon yang dilalui jaringan. Harapan kami masyarakat dapat bekerjasama membantu petugas dengan memberikan ijin,” harapnya. (SK)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru