Teknik Membuat Berita di Media Oneline.

Sumbawa Besar_Inmas , Pada hari kedua penyampaian materi kegiatan Workshop Website dan Jaringan yang disampaikan Nara sumber RRI Mataram Kamran Zain dengan materi berjudul Teknik pembuatan berita di edia oneline. Media Online secara umum, yaitu segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara. dalam pengertian umum ini, media online juga bisa dimaknai sebagai sarana komunikasi secara online.

Dengan pengertian media online secara umum ini, maka email, mailing list (milis), website, blog, whatsapp, dan media sosial (social media) masuk dalam kategori media online. Media online secara khusus adalah media yang menyajikan karya jurnalistik (berita, artikel, feature) secara online.adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet Kapasitas luas –halaman web bisa menampung naskah sangat panjang ,Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.

Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat,Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses interne. Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian,Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja, Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search),Terhubung dengan sumber lain (hyperlink)yang berkaitan dengan informasi tersaji.

 

Mengelompokkan terlebih dulu fakta peristiwa dalam unsur 5W+1H , lalu disusun berdasarkan urutan: SIAPA melakukan APA KAPAN DI MANA KENAPA BAGAIMANA.SIAPA mengatakan APA KAPAN DI MANA KENAPA BAGAIMANA.APA dikatakan SIAPA KAPAN DI MANA KENAPA BAGAIMANA.Tulis judul berita (headline) dengan rumus Subjek + Predikat. Misalnya, Wali Kota Mataram Kunjungi Arena Utama MTQ.Tulis teras berita (lead) atau alinea pertama isi berita dengan rumus SIAPA melakukan APA KAPAN DI MANA. Misalnya: Wali Kota Mataram mengunjungi Arena Utama MTQ di komplek Islamic Center Sabtu (23/4/2016).

Setelah dua poin terpenting dalam naskah berta (head & lead) itu berhasil disusun, dijamin, dalam menyusun bagian berikutnya, yakni isi berita (news body) akan lancar karena berisi penjelasan atau detail peristiwa. Sebelum membicarakan mengenai teknik penulisan berita dalam media online atau cyberspace, perlu diingat lagi apa itu berita. Secara praktis berita dapat didefinisikan sebagai laporan tentang suatu peristiwa yang sudah terjadi yang dipandang penting untuk menentukan sikap serta tindakan. Tetapi semua definisi yang ada, selalu mengandung 4 unsur dalam peristiwa berita, yaitu : Peristiwa merupakan perubahan keadaan.Peristiwa yang dilaporkan selalu terjadi.Peristiwa tersebut dilaporkan manusia.Peristiwa tersebut berkaitan dengan kepentingan dan minat masyarakat. 10 unsur yang menentukan besar kecilnya nilai suatu peristiwa:keluarbiasaan (unsualness), aktual (timeless), kedekatan (proximity), hal baru (novelty),

dampak/akibat (impact), konflik (conflict), ketegangan/kejutan (surprising), tokoh/orang penting, kemanusiaan (human interest), kejahatan ,seks.Dalam media online, proses pencarian berita sama seperti yang dilakukan oleh media cetak, radio maupun televisi. Yang berbeda hanyalah produk berita yang dihasilkan.

Dalam media online, berita-berita (news) yang tidak terduga atau tidak direncanakan yang bersifat hard news seringkali mendominasi dibandingkan dengan berita-berita yang sifatnya dapat diduga atau direncanakan. Hal ini disebabkan karena sifat media online yang realtime dan mengutamakan berita yang bersifat breaking news. Seorang reporter media online dituntut memiliki: kepekaan berita yang tajam (sense of news) serta tidak ketinggalan terhadap isu-isu yang berkembang baik lokal atau nasional.

daya pendengaran berita (hears of news), daya penciuman berita yang tajam ,tatapan/penglihatan berita yang jauh dan jelas (news seeing), indera perasa berita yang baik (news filling) ,ketangguhan di lapangan yang handal. Seorang reporter media online karena tidak punya deadline atau batas yang jelas dan bias dikatakan kerja 24 jam nonstop, dituntut “ harus buka mata, buka telingga lebar-lebar” terhadap semua informasi yang ada disekitarnya. Secara umum konsep berita yang ada di media cetak, radio dan televisi serta online adalah sama.

Berita Koran mengandalkan tulisan. Berita radio mengandalkan suara dan televisi mengandalkan gambar bergerak. Media online dalam menyajikan berita mengandalkan kecepatan,Konsep berita online tidak akan lepas dari sifat-sifat internet: interaktif, 24 jam nonstop, periodisasi hilang, tanpa batas (borderless), breaking news, berita selalu ada running news-nya, cepat dan tersebar luas. Berita online itu harus disampaikan secara cepat, maka berita yang dibuat lebih banyak berita langsung (straight news report) dan model piramida terbalik. Berita yang disampaikan harus cepat, singkat, pendek dan apa adanya sesuai dengan peristiwa yang terjadi.

Namun model seperti ini juga mempunyai kelemahan yaitu informasi yang diberikan tidak utuh atau sepotong-sepotong dan hanya serpihan-serpihan dari beberapa fakta yang terkumpul di lapangan Secara umum bentuk berita ada 3 (tiga) : Pola beraturan, piramida dan piramida terbalik. Dari tiga pola itu, pola piramida terbalik sering digunakan. Dari fungsi dan manfaat bentuk itu, memiliki kelebihan masing-masing. Bentuk piramida terbalik sering digunakan media cetak (harian) dan elektronik, karena dengan bentuk ini penulis menuliskan laporan dengan mengutamakan hal yang terpenting.

Cara ini menguntungkan, sebab akan mempermudah tim editing dalam melakukan editing kata atau kalimat apabila deadline-nya sangat singkat. Bentuk piramida terbalik banyak digunakan media cetak harian yang waktu dead linenya cukup singkat dan terbatas. Bentuk beraturan digunakan penulis tanpa melihat hal terpenting namun penulis cukup menulis sesuai apa yang dikehendakinya. Bentuk beraturan sangat tepat digunakan untuk menyusun artikel, karenanya bentuk ini lazim digunakan oleh media cetak majalah dan tabloid yang memiliki dead line panjang. Kedua, memudahkan reporter, editor memotong bagian-bagian berita yang dianggap kurang atau tidak penting ketika dihadapkan kepada kendala teknis, misalnya berita terlalu panjang sementara kapling atau ruangan yang tersedia sangat terbatas.

Ketiga, memudahkan jurnalis dalam menyusun pesan berita melalui rumus baku yang sudah sangat dikuasainya sekaligus untuk menghindari kemungkinan adanya fakta atau informasi yang terlewat tidak terlaporkan. Dalam web, piramida terbalik jadi lebih penting. Para penggunanya kerap hanya membaca bagian atas sebuah tulisan. Mereka tidak meneruskan bacaannya. “Mereka tidak menggulung layar” tulis Nielsen’s dalam Inverted Pyramids in Cyberspace Frames. Gulungan layar adalah istilah dari proses internet meneruskan jaringan informasinya. Menghubungkan pengguna web dengan situs-situs yang telah dirancang jaringan link-nya.

Tapi pada beberapa pengguna lainnya, terjadi kebalikannya. Di sinilah kegunaan teknologi internet dimanfaatkan jurnalisme online. Pembaca yang tertarik akan menggulung layar, akan meneruskan bacaannya pada materi-materi yang terkait dengan topik yang tengah dibacanya. Mereka adalah orang-orang yang menemukan dasar dari Piramida Terbalik Cyberspace. Merekalah penemu kisah-kisah berita jurnalisme online yang luar biasa rinci. Rumus Menulis Berita 5W + 1H sbb : 1. Bahasa Jurnalis ,2. Piramida Terbalik ,3. Kode Etik Jurnalistik ,4. Formula 5W+1H adalah 6(enam) unsur yang wajib ada dalam sebuah berita,- What = Apa yang terjadi ,- Who = Siapa pelakunya,korbannya,atau siapa yang , terlibat dalam kejadian ,- When = Kapan kejadiannya (Unsur waktu,hari dan , tanggal), - Where = Di mana ( unsur tempat),- Why = Apa penyebabnya,kenapa terjadi,apa alasan acara diadakan ,- How = Bagaimana kejadiannya (detail peristiwanya) 5 (Lima) Gaya Penulisan: Online Writing Style:Naskah berita, dalam hal ini berita langsung (straight news) sebagai jenis berita terpopuler, terdiri dari empat bagian:Judul — Head, Headline,Baris Tanggal — Dateline,Teras — Lead,Isi Berita – News Body Alinea Pendek ,Tulisan online, termasuk di blog, hendaknya menggunakan alinea (paragraf) pendek. Idealnya, satu alinea maksimal 5 baris.

Perhatikan contoh tampilan naskah berita online berikut ini!,Jarak Antar-Alinea ,Harus ada jarang antar-alinea, menyisakan "ruang kosong" atau "ruang putih" (white space) antar-alinea. Ini membuat naskah online mudah dipindai dan enak dibaca. (Perhatikan :Tulisan online tidak mengenal indent, tekuk/lekuk ke dalam di awal alinea, seperti gaya naskah koran atau majalah. Ide penulisan online nomor 3 ini boleh diabaikan, tapi jadinya "tidak lazim". Coba simak situs-situs terkemuka, adakah indent? Ini optional. Tapi jika menggunakan "align justify", maka tulisan Anda akan terkesan formal, serius, dan kaku. Jarang sekali ada situs yang menggunakan "justify", misalnya situs instansi pemerintah yang "terbawa suasana formal-birokratis".Rata kiri akan membuat naskah menjadi nyaman dibaca, scannable, dan banyak menyisakan "ruang istirahat mata".Akan lebih scannable dan enak dibaca jika tulisan online diberi tanda-tanda khusus pada bagian khusus, seperti ditebalkan (bold), dimiringkan (italic), diberi warna (color), atau di-block qoute. Ini akan menjadikan naskah online Anda "eye catching" --menarik perhatian mata user. Dari hasil pemaparan yang sangat jelas dan gamblang diharapkan peserta dapat menerapkan apa yang telah menjadi mempedomani panduan dalam mebuat berita dengan rumus 5W+1 H, ….joko….. () -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru