Segera Miliki Dokumen Dukcapil

KM TNC. Masih banyak warga masyarakat khususnya di Kota Bima yang masih belum memiliki berbagai dokumen kependudukan dan pencatatan sipil karena berbagai alasan diantaranya yaitu biaya, namun mulai saat ini masyarakat dapat mudah mendapatkan dokumen tersebut dimana Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Propinsi NTB bekerjasama dengan Kantor Camat maupun kelurahan se Kota Bima menghimbau kepada masyarakat untuk segera memiliki dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

“sesuai instruksi pemerintah kita wajib dan berhak memiliki DK dasn PS dan 100 % gratis tidak dipunggut biaya” jelas H Idris SE selaku Sekretaris Camat Raba.

“masyarakat tidak ada lagi alasan karena biaya karena semuanya dijamin gratis” lanjutnya.

Sesuai amanat undang-undang  nomor 24 tahun 2013, tentang perubahan undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan bahwa pembuatan dokumen kependudukan seperti kartu keluarga, KTP elektronik, akta kelahiran, akta pernikahan, akta pengakuan anak, akta perceraian dan lain-lain tidak dikenakan biaya (gratis) dan tanpa pungutan liar (pungli).

“mari kita tuntaskan kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil masyarakat dan saya berharap masyarakat dapat segera memiliki dokumen-dokumen tersebut dan pastikan segera daftar diri ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten/Kota tempat anda domisilir 100 % gratis tanpa biaya” harapnya.

Langkah awal Pemerintah Kota Bima dalam mensosialisasikan kepemilikian dokumen kependudukan dengan cara salah satunya dengan mengumpulkan dan mencocokkan data dokumen dimana beberapa bulan ini melalui surat edarannya menghimbau kepada seluruh siswa dan sekolah untuk mengumpulkan dokumen berupa akta kelahiran dan kartu kependudukan (KK) terbaru. Alamsyah () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru