BKP4K KLU Bentuk Komisi Penyuluh

Lombok Utara – Kelembagaan Penyuluhan, sesuai amanat undang undang No. 16/2016 perlu segera dibentuk di daerah Kabupaten Lombok Utara.

Hal tersebut disampaiakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan BKP4K-KLU, Nurtha Dharma Sucaka,S.Pt, M.Si, ketika membuka acara pembentukan komisi di Aula Kantor DPPKKP.

Ia mengatakan, selain menindak lanjuti surat Komisi Penyuluhan Perikanan dan Kehutanan Provinsi NTB No. 04/ KPP-NTB/ XI/ 2015, ini juga merupakan amanat undang undang, tegasnya. Dilaksanakannya pembentukan kelembagaan independen ini untuk diharapkan dapat memberikan manfaat positif dalam rangka menyampaikan aspirasi petani yang sekaligus sebagai mitra pemerintah dalam memberikan masukan serta pertimbangan kepada Bupati.

Keberadaan Komisi Penyuluhan tersebut sangat dipandang penting dibentuk, pasalnya hamparan petranian, perkebunan, kehutanan maupun kelautan cukup luas dengan tidak di tunjang oleh jumlah petugas penyuluh PNS yang dan kontrak sangat minim. Disisi lain jumlah kelompok yang cukup besar jumlahnya mencapai ratusan menyulitkan pihaknya dalam mengontrol dan memberikan kelayakan usaha dansebagainya.

Mereujuk kepada apa yang disampaikan Kepala BK4K KLU, Ketua Komisi Penyuluhan Provinsi NTB, Prof. DR Ir Arifudin Sahidu, menegaskan kembali perlunya pembentukan Komisi Penyuluhan di tingkat Kabupaten/Kota, sebagaimana amanat undang undang. Dan dalam perkembangannya di tingkat nasional, karena penyuluhan sektor pertanian, perikanan dan kehutanan diurusi oleh kementerian yang terpisah, yaitu oleh Badan Penyulahan dan SDM kementerian, maka komisi penyuluhan berdiri di setiap sector.

Ada Komisi Penyuluhan Nasional Pertanian¸ ada Komisi Penyuluhan Nasional Perikanan dan Kelautan dan Komisi Penyuluhan Nasional Kehutanan. Sedangkan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, karena pelaksanaan penyuluhan dilaksanakan oleh Bakorluh/Bappeluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan komisi penyuluhan tingkat provinsi dan kabupaten/kota dapat digabungkan.

Hari ini, kata Arifudin Sahidu BKP4K-KLU mencanangkan pembentukan Komisi Penyuluhan yang sangat diharapkan segera terbentuk, yang tentunya dengan melibatkan akademisi danlainsebagainya dengan berazazkan partisipasip, terbuka serta demokratis.- (Ang/ari/sk) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru