Penghargaan Yang Memacu Semangat Bangun Desa

Lombok Utara, KM Primadona - “Penghargaan yang diraih oleh Desa Karang Bajo ini adalah hasil kerja keras semua pihak mulai dari pemerintah desa, kecamatan, kabupaten dan masyarakat sekitar. Karena tidak mungkin seorang kepala desa mampu bekerja sendiri untuk membangun desa tanpa dibantu warga”.

Pernyataan inilah yang selalu diungkapkan oleh Kades Karang Bajo, Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, Kertamalip, setelah pulang menghadiri undangan Istana menerima penghargaan Pelita Nusantara yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Prof. Budiono.

Karang Bajo sendiri, menurut Kertamalip, merupakan desa yang berada ditengah tanpa memiliki pantai dan gunung dengan luas wilayah 1.168 hektar. Sejak desa ini dimekarkan pada 11 Oktober 2004, Kertamalip sudah ditunjuk sebagai pejabat Kades sesuai SK Bupati Lombok Barat Nomor 380/39/PEM/2004 tentang Penunjukan Pejabat Kepala Desa Persiapan Karang Bajo.

Dan tanggal 30 Desember 2005, sesuai SK Bupati Lombok Barat Nomor 17 tahun 2005 tentang Peningkatan setatus Desa persiapan menjadi Desa Dipinitif yang persemiannya dilakukan mantan Wakil Bupati Lombok Barat, H.Muh.Izul Islam pada tanggal 5 Januari 2006.

Setelah 5 Bulan menjadi desa depinitif, Kertamalip menggundurkan diri menjadi pejabat Kepala Desa, karena ikut menjadi calon Kades periode 2006 – 2012, sehingga ditunjuk pejabat Kades sementara yaitu Agus Widianto yang waktu itu menjadi Kasi PMD Kecamatan Bayan. Pemilihan Kepala Desa pertama di laksanakan pada tanggal 11 Pebruari 2007 dan di menangkan oleh Kertamalip melawan Mistradi.

Kertamalip di lantik menjadi Kepala Desa Periode 2007 -2013 pada tangga 2 Maret 2013. sesuai SK Bupati Lombok Barat Nomor 72/17/PEM/2007 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Terpilih. Setelah berakhir masa jabatannya, Kertamalip kembali sebagai calon incumben, untuk periode 2013 - 2019 melawan Supardi staf Desa Karang Bajo, tanggal 30 Desember 2012 di menangkan oleh Kertamalip, dan di lantik oleh Bupati Lombok Utara Djohan Sjamsu, SH, pada tanggal 9 Januari 2013. sesuai SK Bupati Lombok Utara Nomor 49/04/PEM/2013.

Sejak priode pertama menjadi Kades, Kertamalip terus berjuang bersama masyarakat untuk membangun desanya kearah yang lebih maju terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Di bidang kesehatan, sudah dibangun 6 buah Posyandu ang didanai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dan Polindes yang didanai APBD I.

Sebagai buah dari hasil perjuangan Kertamalip bersama warganya, Karang Bajo sering menjadi juara dalam berbagai lomba, seperti juara I lomba Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) tingkat kabupaten tahun 2012 dan 2013, dan juara II PIK R tingkat provinsi NTB serta juara II lomba Posyandu tingkat provinsi. Atas keberhasilannya ini, tak heran bila Karang Bajo dijadikan sebagai desa Siaga aktif dan sering mendapat kunjungan dari luar daerah termasuk dari Bank Dunia bidang kesehatan.

Selain itu, Kades Karang Bajo juga menerima penghargaan dari Kemenkes RI sebagai Kader Lestari atas jasanya mendukung pembangunan bidang kesehatan melalui pelayanan di daerah bermasalah kesehatan pada tanggal 15 November 2013 di Jakarta, dan disusul dengan penghargaan Pelita Nusantara dari mantan wakil prisiden sebagai Katagori Kesehatan “Kepala Desa yang ngotot menurunkan angka kematian ibu di titik nol selama 6 tahun” yang diserahkan pada 14 Maret 2013.

Kertamalip yang oleh mantan wakil presiden RI, Budiono, menyebut sebagai Kades yang memiliki semangat tanpa batas yang berjuang mengangkat nama baik bangsa Indonesia. “Dengan berbagai pengahragaan ini dapat memacu pemerintahan desa dan warganya untuk terus membangun Karang Bajo disegala bidang”, katanya.

Untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat, Kades Karang Bajo sedang mengembangkan Sistem Administrasi Informasi Desa (SAID). “Karena sistem SAID ini masih of air, maka untuk penyebaran informasi kami lakukan di web.karangbajomandiri.com dan di suarakomunitas.net yang didukung oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD)”,katanya. (primadona) - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru