Aktif Lakukan Sosialisasi Ditengah Minimnya Anggaran

Dompu – Walau mengalami keterbatasan anggaran, bidang perlindungan anak (PA) dan pemberdayaan perempuan (PP) pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Dompu, tetap aktif mengadakan kegiatan sosialisasi di Desa-desa dan Kecamatan. Hal tersebut merupakan program prioritas, kata Kepala bidang melalui Kasubbid PA Effi Asdiani, S.Com dan Kasubbid PP Siti. Aminah, S.Sos, kemarin dikantor BPPKB.

Beberapa kegiatan sosialisasi yang pernah dan akan digarapnya kata mereka yakni sosialisasi masalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga atau KDRT dan sosialisasi tentang perlindungan anak. Sosialisasi tersebut untuk memberikan pendidikan atau pemahaman kepada masyarakat. Apalagi katanya, banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak, maka mereka harus memahaminya dan mengetahui cara menangkalnya. Faktor yang paling dominan yaitu faktor ekonomi dan lingkungan pergaulan.     

Masih Siti. Aminah, selain sosialisasi, program pendampingan terhadap anak dan perempuan pun pernah dilakukan, dalam rangka memberikan perlindungan ketika ada masalah serius yang dialami oleh mereka.

Jika merujuk pada ketersediaan anggaran, maka nilainya sangat minim, namun hal tersebut bisa disiasati dengan cara mengirit segala pengeluaran untuk kegiatan, yang penting kegiatan sosialisasi bisa terlaksana dengan sukses, ujar Siti Aminah. Alhasil, lanjutnya, setiap kegiatan selalu disesaki oleh masyarakat, namun masyarakat harus diberikan uang sekitar Rp. 25.000 dulu baru mereka hadir, karena mereka berpikir uang segitu bisa untuk membeli beras 2,5 kilo gram.

Tapi, pinta Siti. Aminah, tahun anggaran 2016, Menteri yang baru sudah berjanji akan menggelontorkan dana dekosentrasi ke masing-masing daerah guna memperlancar program yang ada di daerah. () -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru