Peserta Diklat BPS se Indonesia Pelajari Kampung Media


35 orang Pejabat BPS se Indonesia mempelajari Kampung Media. Mereka mendapat penjelasan dari Kepala Kampung Media NTB Fairuzzabadi tentang sejarah awal berdirinya Kampung Media NTB sampai menjadi Program Terobosan Pemprov NTB bidang TIK dan memperoleh Anugerah 9Top Inovasi Nasional Bidang Pelayanan Publik dari KemenPANRB.

Bertempat di Aula Dishubkominfo NTB, Kamis 8 Oktober 2015, rombongan yang sedang mengkuti diklat ini melontarkan berbagai pertanyaan diantaranya, pendirian Kampung Media NTB, Pengoperasian website oleh admin di NTB  khususnya mengenai penyaringan berita atau informasi, system penulisan dan pendaftaran anggota, honorarium, sampai bagaimana mengupload sebuah informasi yang layak untuk di publikasikan di beranda depan website NTB.

Usai mendapatkan penjelasan di Aula Dishubkominfo (8/10) sekitar pukul 11 siang rombongan langsung kelapangan menuju salah satu markas komunitas Kampung Media NTB yakni Kampung Kedia Karaya yang berlokasi di jalan RM Panji Anom Kampung Karang Kuaya Kelurahan Pagutan Timur Kota Mataram, dengan waktu tempuh kurang dari 15 menit.

Tempat atau lokasi Kampung Media Karaya yang cukup sempit membuat puluhan peserta Pusdiklat BPS RI ini meminta untuk berdiskusi ditempat lain agar terasa nyaman dan tanya jawab bisa nyambung dan tentunya seluruh peserta bisa tertampung.

Penanggung jawab PLIK SP (Pusat layanan Internet Kecamatan Sentra Produktif) Kampung Media karaya Asrobi Abdihi pun mengajak rombongan untuk berdiskusi di salah satu Musholla yang berada disebelah timur markas Kampung Media Karaya yakni Musholla Al –Arifin.


Pertanyaan yang diajukan oleh peserta makin lebih detail, diantaranya, bagaimana  mensinergikan PLIK SP bantuan dari Kominfo pusat dengan Kampung Media di NTB, bagaimana masyarakat umum tahu bahwa di Kampung Karang Buaya ini ada sebagai media informasi lewat internet atau dunia maya, adakah bantuan dari kelurahan, RT atau warga untuk keberlangsungan kampung media di tempat ini, apa saja hasil yang di dapat atau ada perubahan dengan adanya  Kampung Media disini, adakah pertemuan yang pernah dilakukan oleh Komunitas Kampung Media dengan aparat desa atau lurah bahkan camat untuk mensosialisakan kampung media sehingga banyak yang tahu khususnya warga di tempat kampung media ini berada, dan masih banyak pertanyaan yang harus di jawab tentu dibarengi dengan fakta dilapangan.

Tidak terasa, diskusi hampir satu jam dan memasuki waktu sholat zuhur, peserta pun satu persatu mengakhiri pertanyaan dan bersiap untuk melaksanakan sholat zuhur berjamaah di Musholla Al Arifin. Usai sholat beberapa dari peserta masih penasaran dan melanjutkan lagi beberapa pertanyaan sampai bis akan mulai berangkat menuju kampung media yang berloksai di Narmada. [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru