Rekomendasi Hasil Diskusi


Sumbawa Besar, 16 Juni 2015; Diskusi Panel pada kegiatan Pembinaan Lembaga Agama dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Tahun 2015 dan dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan bertempat di Aula Kantor Bupati Sumbawa kegiatannya dilaksanakan setelah selesai acara pembukaan dan istirahat sejenak dilanjutkan dengan diskusi. Dalam diskusi ini moderator Kepala KUA Sumbawa H.Faisal Salim dan Nara Sumber terdiri dari Bupati Sumbawa diwakili Asisten 1 , DR.H. Ihsan Majid M.Pd, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Drs.H. Baharuddin Maswarang dan Kepolisian Sumbawa.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa dalam materinya , sebelumnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Sumbawa yang memfasilitasi kegiatan ini untuk menggunanak Aula Kantor Bupati Sumbawa karena Aula Kemenag Sumbawa masih dalam renovasi, sehingga kegiatan ini dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan, dalam hal ini Kepala Kemenag menyikapi situasi pada bulan ramadhan berbagai permasalahan yang timbul antara lain ;

1. Tentang Form Kerukunan Umat Beragama ( Interen umat beragama dan antar umat beragama)

2. Hasil Pertemuan dengan Kepala Kantor Wilayah bersama Kepala Kemenag Kab/Kota dalam merumuskan rekomendasi yang bertujuan untuk memelihara kerukunan umat beragama

3. Penertiban rumah makan ( ini dapat merangsang dan mengurangi Ibadah Puasa )

4. Beribadah dengan khidmat dan khusu’ (jangan sampai berpuasa tetapi tetapi tidak mendapatkan apa apa dari puasanya termasuk tidak ada gangguan kembang api serta mercon pada saat berbuka dan shalat taraweh.

5. Meminda kepada Pemerintah Daerah dan Kepolisian untuk melarang menggunakan petasan dan kembang api saat berbuka puasa, saat shalat taraweh dan sahur. Begitu juga yang disampaikan oleh Kepolisian Resot Sumbawa akan mendukung dalam pengamanan dalam ibadah puasa sampai shalat Idul Fitri, dengan mendapatkan masukan masukan dari masyarakat ,hasil dari pertemuan hari ini akan disampaikan kepada atasan untuk ditindak lanjuti, langkah langkah untuk pengamanan selama bulan suci ramadhan kepolisian akan menyampaiakan himbauan,seruan serupa spanduk spanduk untuk menggugah masyarakat dalam situasi aman dan tertib dalam berlalulintas dan siap melaksanakan keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan ibadah puasa sampai ibadah sholat Idul Fitri.

Upaya yang ditempuh antara lain : Upaya Reprentif ini tidak dapat dilakukan sendiri perlu diadakan Pos Kampling,siskampling dan ronda dan upaya Represip- penegak hukum ini adalah paling sulit diatasi dan untuk membuat sasaran melalui khutbah khutbah jum’at, ceramah Agama . Kegiatan kegiatan Kepolisian penciptaan kondisi keamanan menjelang bulan suci Ramadan melakukan operasi yang dinamakan:

1. operasi Bina Waspada,

2. Operasi Pekat (Penyakit Masyarakat) seperti prostitusi,PSK,Mujikari,

3. Oprasi patuh (aturan berlalu lintas pada bulan ramadhan dan menciptakan situasi aman dan tertib)

4.Operasi Ketupat (untuk menciptakan situasi kondusip).


Dalam diskusi banyak masukan dari peserta seputar pelaksanaan Ibadah puasa, seperti masih adanya anak anak sekolah yang duduk ditaman di RTH (ruang terbuka hijau) agar dapat diberikan petunjuk waktu / jam, taman kota yang seharusnya digunakan untuk belajar di taman namun digunakan tidak sesuai yang diharapkan, penertiban rumah rumah kos, Rumah makan , penertiban Miras dll. Dengan senantiasa mengharap Ridho ALLAH SWT, pertemuan para Pimpinan Ormas Islam, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Kabupaten Sumbawa yang berlangsung tanggal 16 Juni 2015 di Ruang Sidang Kantor Bupati Sumbawa, merekomendasikan sebagai berikut : Meminta kepada Pemerintah Daerah dan Pihak Kepolisian untuk melarang dan menindak tegas penjual dan pengguna Petasan, Kembang Api dan sejenisnya selama Bulan Ramadhan.

1. Mendesak kepada Pemerintah Daerah untuk menutup tempat – tempat hiburan, Cafe dan sejenisnya selama Bulan Suci Ramadhan.

2. Mendesak kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan penertiban terhadap rumah-rumah Kos, sehingga tidak menjadi tempat melakukan perbuatan-perbuatan maksiat.

3. Mendesak kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan Penertiban terhadap Taman-Taman Kota (Ruang Terbuka Hijau) termasuk didalamnya penataan, pemeliharaan, pengawasan dan jam berkunjung s/d jam 23.00 Wita, sehingga benar-benar membawa keindahan bagi Kota Sumbawa Besar.

4. Menghimbau kepada segenap warga masyarakat untuk melaksanakan himbauan dan seruan menyambut Bulan Suci Ramadhan 1436 H / 2015 M yang dikeluarkan oleh Bupati Sumbawa tanggal 15 Juni 2015.

5. Mendukung dan mendesak kepada Pemerintah Daerah untuk segera melaksanakan PERDA tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol di Kabupaten Sumbawa.

Demikian Rekomendasi ini dibuat dan disampaikan untuk mendapatkan perhatian sepenuhnya.

Semoga Allah swt. menolong dan melindungi kita dalam setiap tindakan kita. Aamiin.

Sumbawa Besar, 16 Juni 2015

Mengathui, Ketua MUI Kab. Sumbawa, Drs. H. Nadi Husain Ketua FKUB Kab. Sumbawa, Drs.H.Umar Hasan Kepala Kementerian Agama Kab. Sumbawa, Drs. H. Baharuddin Maswarang NIP. 19590705 199402 1 001 [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru