Pelayanan Terpadu Sidang Itsbat Nikah

(KM.Sarangge ) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bima, Selasa ( 21/4) mengadakan kegiatan pelayanan terpadu sidang isbath Nikah, Pencatatan Nikah, Pencatatan Kelahiran bagi masyarakat miskin. Acara ini juga dirangkaikan dengan peluncuran (launching) mobil Pelayanan Keliling Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil di aula kantor Desa Rabakodo kecamatan Woha.
Kegiatan ini dihadiri oleh ketua Tukiran Sekretaris Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bima, Ketua Pengadilan Agama Negeri Raba Bima, Ketua TP.PKK.kabupaten Bima Hj. Rustinah H. Syafrudin,  Para Pimpinan SKPD,  Camat se Kabupaten Bima, kepala desa Se Kecamatan Woha dan  tokoh masyarakat dan setempat
            Bupati Bima Drs. H.Syafrudin HM.Nur.M.Pd, MM dalam arahannya megatakan, “kegiatan pelayanan terpadu ini ditujukan untuk membantu masyarakat dalam mengesahkan perkawinan, memperoleh surat nikah dan memperoleh dokumen kependudukan seperti akta kelahiran. Secara khusus, dimaksudkan untuk membantu masyarakat terutama yang tidak mampu dalam memperoleh hak atas pencatatan nikah dan kelahiran serta meningkatkan akses terhadap pelayanan di bidang hokum”.
Kata Bupati.
Dikatakan Bupati, berlakunya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013  tentang Administrasi Kependudukan  mengamanatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil harus aktif memberikan pelayanan kepada Masyarakat dengan Sistem jemput bola. Amanat UU ini selanjutnya ditindak lanjuti  dengan penyiapan sejumlah sarana yang diperlukan untuk kelancaran tugas tersebut.
Pada kesempatan tersebut Bupati H. Syafrudin menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  beserta jajaran serta pihak AIPJ yang telah memfasilitasi beroperasinya Mobil Pelayanan Keliling Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil tahun 2014  bagi peeningkatan akses terhadap pelayanan kependudukan”.
Bupati Bima berharap, mobil yang telah dilengkapi jaringan internet yang bisa terhubung langsung dengan pusat data  di Jakarta dapat dimanfaatkan secara optimal maksud kan utk membantu meringankn beban masyarakat dlm membuat dokumen kependudukan seperti Akta kelahiran, kematian kartu keluarga (KK) dan KTP elektronik.
Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Bima Sirajuddin AP, MM dalam laporan menyampaikan, Terkait dengan pola ini, “Kabupaten Bima adalah salah satu dari 511 daerah  yang di Fasilitasi oleh Australia-Indonesia Partnership for Justice (AIPJ)  dan Puskapa universitas Indonesia.  Di kabupaten Bima, jumlah warga yang diisbatkan sebanyak 77 Pasangan dan 178 orang anak  dibuatkan Akta Kelahiran”. Jelasnya.
Kegiatan pelayanan secara terpadu  isbath nikah, pencatatan nikah dan pencatatan kelahiran  penting untuk memberikan memotivasi kepada masyarakat agar menyadari  pentingnya kepemilikan dokumen tersebut. Kelompok sasaran kegiatan ini adalah masyarakat  kurang mampu dan terpinggirkan. Pelaksanaan dan lokasi kegiatan direncanakan pada 8 kecamatan di kabupaten Bima yaitu kecamatan Sape, Lambu, Woha, Monta, Wera, Ambalawi, Bolo dan Madapangga.
“Kegiatan ini mengacu pada  studi dasar identitas hukum dimana berdasarkan studi tersebut ditemukan bahwa  80% pasangan yang tidak memiliki buku nikah dan 83% anak tidak memiliki akte kelahiran tergolong rumah tangga miskin”. Katanya.
 Pada kesempatan tersebut,  Sekretaris Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Tukiran   mengatakan  “melalui kegiatan isbat nikah ini  pasangan masyarakat yang tergolong miskin  bisa membuat surat akte perkawinan secara gratis.  “isbat nikah yang diluncurkan di kecamatan Woha merupakan langkah awal dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Kementerian Agama untuk melanjutkan kegiatan dengan cepat dan tepat”. Terang Tukiran
            Pada kesempatan tersebut, Bupati Bima menyerahkan hasil penetapan isbath nikah berupa akte nikah yang secara simbolis kepada Indra Alam, Muslimin dan Jaidin serta lounching mobil pelayanan keliling pendaftaran penduduk dan pencatatan Sipil.(alan) 02

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru