KSP Madani NTB Tingkatkan Pelayanan


Menjamurnya perbankkan di NTB dan sejumlah lembaga dalam memberikan pinjman melalui berbagai macam program dan menawarkan suku bungga rendah, menjadikan Koperasi Simpan Pinjam Madani NTB harus ekstra keras dalam menjaga para anggota koperasinya agar tidak berpindah ke perbankkan atau ke koperasi lain dalam memperoleh pinjaman.

Ketua KSP Madani I Nengah Arsana usai RAT (Rapat Anggota Tahunan) di salah satu rumah makan di sayang-sayang tadi pagi (8/2) mengatakan, berbagai langkah sudah di siapkan oleh KSP Madani dalam menjaga para nasabah atau anggota koperasinya, selain meningkatkan pelayanan yang baik kepada anggota, juga harus menyakinkan kepada anggota agar tetap tumbuh rasa memiliki dalam berkoperasi selain berusaha mengecilkan beban bungga kepada anggota.

Menurut I Nengah Arsana, suku bunga di KSP Madani diakui masih rendah yakni sekitar 3% menurun atau rata-rata sekitar 1,6% lebih kecil dibanding dengan koperasi yang ada di mataram.

“Ukurannya tinggi, tapi dibanding dengan koperasi lain, KSP Madani suku bunga masih rendah bahkan hampir sama dengan BPR, cuman untuk bersaing dengan bank umum yang sudah melayani retail seperti Danamon SP, perlu ada antisipasi dalam merekatkan anggota, bagaimana supaya lebih senang kepada KSP Madani, rasa memiliki perlu di tingkatkan”. Ujar Arsana

Terkait dengan perkembangan KSP Madani saat ini, I nengah Arsana mengatakan KSP Madani mulai mengurangi asset  dengan jalan mengurangi simpanan dari anggota, karna pinjaman kepada anggota mengalami stagnant, asset mengalami peningkatan tidak sampai 1 persen tapi dari sisi SHU (sisa hasil usaha) di akui terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Pinjaman yang telah di gulirkan oleh KSP Madani kepada anggota sekitar 25 milyar dengan sisa saldo hingga 31 desember 2014 sebesar 11,5 milyar dengan angka kemacetan sekitar 2%.

“ Total yang bermasalah MPLnya 4,35 terdiri dari tidak lancer, diragukan dan macet, dari sekitar 4661 anggota, sekitar 2000 lebih yang meminjam”. Kata Arsana

Untuk rencana kegiatan di tahun 2015 I Nengah Arsana mengatakan, salah satunya adalah mendekatkan pelayanan kepada anggota, selain itu KSP Madani akan membuka kantor cabang di Narmada.

KSP Madani yang memiliki anggota di tiga wilayah yakni Kabupaten Lombok Utara,Matara dan Kabupaten Lombok Barat, kini telah memilki 3 kantor cabang dan 1 kantor pusat.

Hadir dalan RAT KSP Madani, Kadiskop UMKM NTB Drs.H.Supran,MM, Kabid Pemberdayaan Koperasi Diskop UMKM NTB Drs Sudiarsah,MM dan seluruh pengurus dan ratusan anggota koperasi.(abdi) - 05

 

 

 

 

 

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru