Reses Perdana Anggota DPRD di Dorebara

KM-Sanggicu: Dorebara, Sabtu 15 November 2014 bertempatkan diaula rapat kantor desa Dorebara sejak pukul 13:30 suana terlihat ramai dan terdengar usulan-usulan menyangkut pembangunan dan kemajuan desa Dorebara Khusunya.

Tertarik untuk ingin lebih mengetahui lebih dalam, maka saya Azis bergegas untuk masuk dan menyaksikan, ternyata ada kegiatan reses atau pendekatan yang dilakukan oleh anggota DPRD terhadap masyarakat Dorebara sendiri.

Banyak usulan yang didengar untuk kegiatan reses Mohamad Subahan, SE. selaku anggota DPRD kab. Dompu dikomisi III. Seperti usulan kemajuan dan kesejahteraan yang memang mayoritas masyarakat Dorebara adalah petani, bekerja sebagai pelayan publik, anggota DPRD periode 2014-2019 reses perdana cukup mendebarkan celoteh Mohamad Subahan dan H Rahmat Syafiudin, SH.

 Sebagai salah sat desa Agraris, Dorebara dinilai memiliki masalah serius pada pertanian dan memiliki lahan tidur terluas, sekitar 160 lebih hektar lahan tidur berpenghasilan pasif, pada usulan kebanyakan warga dari tokoh masyarakat yang hadir mengusulkan pembuatan bendungan dan penambahan obat-obatan dan pasokan pupuk untuk pertanian, seperti yang disampaikan oleh M. Hasan dan Ardiansyah.

Tambah M.Hasan saat mengusulkan  pendapat “terhitung hampir 9 mata air dimiliki oleh desa Dorebara, semua mata air aktif, dan jika dibuat satu  bendungan di 4 titik mata air yang jaraknya bedekatan, maka lahan tidur akan sangat dimanfaatkan oleh petani. Dan dilihat untuk area persawahan yang sudah ada agar membuat tanggul penahan yang berfungi menahan pasir dan kerikil sepanjang kali Dorebara yang menyatu dengan sungai” jelas M.Hasan dan Ardiansyah menambahkan agar Dorebara memiliki pengecer pupuk sendiri, karena selama ini warga petani membeli pupuk dipengecer yang ada diluar dorebara dan hampir setiap tahunnya petani Dorebara mengeluhkan kelangkaan pupuk bersubsidi tersebut.

Mohamad Subahan, SE. sendiri menanggapi agar Warga yang hadir menyampaikan kepada petani-petani lainnya. Dan berharap agar mau bekerja sama dan memikirkan kepentingan bersama. sebagai reses perdanannya yang juga didampingi oleh rekan satu ruangannya dikomisi III dan sama-sama dapil 1 (Dompu, Pajo, Hu'u) H. Rahmat Syafiudin, mereka sebagai dewan perwakilan rakyat DPRD Dompu akan berusaha semaksimal mungkin dan akan menindak lanjuti permasalah-permasalah seperti pertanian dan minimnya tanah tempat pemakaman umum dan banyak permasalahan lain selain dari pada masalah pertanian yang lebih beresiko.

“karena sebagai warga yang berprovesi petani hampir 90% maka usulan ini akan kami tindak lanjut” pungkas Subahan, dan sebagai reses perdana akan menjadi catatan dan pelajaran penting bagi anggota DPRD “dan akan menjadi pelajaran untuk reses selanjutnya didesa yang akan kami datangi, dan masyarakat mampu memikirkan dan mengusulkan program kegiatan didesa masing-masing tanpa memihak antar kelompok kerja maupun politik” jelas H. rahmat Syafiudin, SH.

Masyarakat juga berharap agar DPRD mampu menyelesaikan masalah yang dialami ditingkat masyarakat, dan mampu mensejahterakan serta menerima as[pirasi masyarakat. Az [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru