Louncing Perbub Pelayanan Publik Kabupaten Lobar

Untuk meningkatkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat saat ini kabupaten Lombok Barat telah menelurkan tiga Peraturan Bupati  sekaligus tetang pelayan publik yaitu Perbub No. 32 tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan  Pelayanan Publik, Perbub No. 33 tahun 2014 tentang Pembiayaan Pendidikan dan Penyelenggaraan pendidikan Gratis, serta Perbub No. 34 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengawasan pendidikan Pada satuan Pendidikan Di Kabupaten Lombok Barat.

Acara Louncing ketiga Perbub tersebut dipusatkan di Halaman Puskesmas Gunung Sari Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat pada hari Sabtu 6 September 2014, selain Bupati dan wakil Bupati hadir juga Asisten Deputi Bidang Pelayan Publik Kementrian PAN-RB RI Ibu Novina Andrina, Kepala Ombudsman Perwakilan NTB Adhar Hakim, Direktur AIPD Mr. Daniel Hans, seluruh Kepala SKPD dan Camat dilingkup Pemerintahan Lombok Barat serta ratusan undangan lainnya termasuk puluhan anggota komunitas Kampung Media Lombok Barat.

Dalam sambutannya Daniel Hans Direktur Austalia Indonesia Patnership For Decentralisation (AIPD) selaku organisasi kemitraan yang selalu mendorong terciptanya pelayan yang baik sesuai standar pelayanan publik oleh pemerintah terhadap masyarakat mengatakan “dimata AIPD Kabupaten Lombok Barat sangat istimewa karena komitmen Bupati dan jajarannya untuk terus meningkatkan standar pelayan publik, salah satunya dengan menelurkan tiga Perbub sekaligus. Hans melanjutkan “bahwa pelayanan publik adalah hak setiap warga dan Negara harus hadir dalam pelaksanaannya.”

Sementara Asisten Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB Novina Andrina dalam sambutannya banyak menguraikan tentang pelayan publik yang seharusnya diberikan kepada masyarakat harus memenuhi beberapa kriteria antara lain standar pelayanan publik, survey tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan pemerintah terhadap publik, serta pengelolaan pengaduan terhadap keditak puasan masyarakat pada pelayanan tersebut.

Selain itu juga perlu diperhatiakan bahwa pelayan publik yang prima adalah pelayanan yang mengikut sertakan peran masyarakat didalamnya terlebih dalam hal pengawasan, selain lembaga seperti Ombudsman, DRPD dan lainnya masyarakat juga harus proaktif ikut serta dalam proses pengawasan terhadap program pemerintah khususnya dibidang pelayan publik sehingga tidak lagi terdengar informasi masyarakat miskin takut berobat kepuskesmas dan Rumah Sakit, Sekolah memungut biaya yang tidak dibenarkan dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Diakhir Sambutannya Asisten Deputi menginformasikan bahwa di Nusa Tenggara Barat khususnya Lombok, Pelayanan Publik itu bukan suatu hal yang baru namun diawal tahun 20014 ini Kemen PAN-RB telah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 9 Top Inovasi terbaik dan untuk bidang pelayanan publik pemenangnya adalah Kampung Media yang ada di Nusa Tenggara Barat, Kampung media Ada disemua Kabupaten/Kota NTB termasuk salah satunya dikabupaten Lombok Barat. Dan rencananya besok pagi Ibu Noviana dijadwalkan mengunjungi salah satu kemunitas Kampung Media yang ada di Lombok Barat yaitu Kampung Media Narmada.

Acara diakhiri dengan louncing oleh Bupati Lombok Barat H Zainy Aroni didampingi Wakil Bupati Fauzan Khalid yang ditandai oleh bunyi sirine dan tabuhan Gendang Beleq dan selajutnya acara ditutup dengan Doa. () -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru