Berantas Korupsi, KPK Soroti Peran Radio dan TV

Salah satu tantangan terbesar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini adalah membangun sikap dan budaya anti korupsi.

Demikian diungkapkan Bambang Wijoyoyanto, Wakil Ketua KPK ketika tampil sebagai narasumber dalam sesi Seminar Rapimnas KPI yang berlangsung di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Rabu (3/9).

Dikatakan Bambang, membangun sikap dan budaya anti korupsi bukan hal mudah. Sehingga memerlukan berbagai upaya dan langkah strategis untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran dan integritas.”Gerakan anti korupsi terus kita galakkan  sejak dini mulai PAUD dan disinilah kami menilai betapa strategisnya media membangun kesadaran itu,”ujarnya.

Betapa pentingnya media siaran, KPK, bahkan membuat radio streaming yang memberikan layanan informasi seputar KPK. Radio streaming KPK ini, kata Bambang, sudah memasuki radio komunitas di seluruh wilayah Jawa dan Bali.

Lebih lanjut Bambang juga memaparkan hasil survey AGB Neilsen tentang pola menonton TV orang Indonesia, yang rata-rata 4 jam sehari. Bila dihitung dalam setahun, maka lama menonton orang Indonesia adalah dua bulan non stop.”Sayangnya kita  banyak dientertain oleh tontonan yang bukan tuntunan,”tuturnya seraya menambahkan saat ini, pendidikan di rumah yang dinilai sudah tidak lagi jadi contoh bagi anak-anak

Diungkapkan Bambang, Hasil studi KPK, di kota-kota besar, ayah tidak lagi menjadi panutan anak-anak. “Sosok ayah, antara ada dan tiada. Kalau tidak mampu membangun komunikasi, maka akan lahir generasi kemayu.

Bisa jadi bapak-bapak, penyebab terbesar generasi lemah-lembut saat ini,”selorohnya kepada ratusan peserta Rapimnas KPI.

Bambang juga mengurai fenomena konglomerasi media di Indonesia dan pengaruhnya terhadap gerakan pemberantasan korupsi.

Pada akhir paparannya, Bambang menilai sangat penting bagi KPK berkolaborasi dengan KPI dalam rangka memaksimalkan gerakan anti korupsi di Indonesia. “BIla perlu kita merger saja,”imbuhnya () -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru