Pemkab Lobar Kerjasama Kampung Media

Keberhasilan Kampung Media sebagai program 9 top inovasi nasional dibidang pelayan publik telah menjadikan Kampung Media menjadi dikenal dan dibicarakan dimana-mana. Tak terkecuali pada saat rapat koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinana Daerah (TKPKD) Kabupaten Lombok Barat yang diadakan selama 2 hari tanggal 25-26 Juni 2014 di Aula Bappeda Kabupaten Lombok Barat dan diikuti oleh peserta yang berasal semua SKPD lingkup Pemerintahan Kabupaten Lombok Barat, Pimpinan Pondok Pesantren dan organisasi pemerhati masalah sosial kemasyarakatan terutama tentang Kemiskinanan.

Diundangnya Kampung Media dalam acara tersebut, bahwa Bappeda Lobar ingin mengadakan kerjasama dengan Kampung Media untuk membantu Pemerintah Kabupaten Lobar dalam menjalankan program penanggulangan kemiskinan dikabupaten Lombok Barat di bidang publikasi dan sosialisasi serta ruang pengaduan kampung yang terdapat di Portal Kampung Media akan dijadikan salah satu parameter dan evaluasi terhadap program yang digulirkan Pemkab Lobar untuk menanggulangi masalah kemiskinan. Pihak Kampuang Media menanggapi positif mengenai rencana kerjasama tersebut dan Kampung Media siap membantu semua program Pemkab dalam menanggulangi Kemiskinana dan permasalahan sosial lainnya ungkap Abdul Satar dari Kampung Media Narmada yang menjadi perwakilan Kampung Media diacara tersebut.

Dalam Rakor 2 hari tersebut banyak muncul permasalahan sosial ditengah masyarakat sebagai dampak dari bergulirnya berbagai program pemerintah dalam menanggulangi masalah kemiskinan, antara lain seperti yang dipaparkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat disampaiakan langsung oleh Kadis Sosial Drs. Poniman, beliu mengungkapkan jika selama ini pemberian raskin tidak lepas dari berbagai permasalahan seperti kualitas beras yang tidak bagus, harga yang dinaikkan dari harga standar Rp 1600/Kg, rumah Tangga mampu tapi mendapatkan jatah Raskin, dan masih banyak lagi masalah sosial yang ditimbukan.

Sementara dibidang pendidikan, BSM (Bantuan Siswa Miskin) seringkali dijumpai banyak permasalahan dilapangan seperti pemotongan dana bantuan untuk siswa miskin yang dilakukan oleh oknum Guru dan Kepala Sekolah, pengenaan biaya masuk saat pendaftaran murid baru meski hal tersebut tidak boleh karena telah diatur ketentuannya dengan keluarnya Keputusan Kepala dinas Kabupaten Lobar nomer 184 tahun 2014, Pengumpulan tabungan siswa oleh Sekolah yang sering bermasalah dan masih banyak lagi pemaslahan lainnya. Hal ini diungkapkan oleh H Mahrum dari Dinas Dikpora Lobar.

Dan diakhir acara Kepala Bappeda Lobar H. Baehaqi menyimpulkan hasil rapat Koordinasi TKPKD selama dua hari tersebut dan salah satunya terdapat item publikasi dan sosialisasi harus ditingkatkan dengan mengadakan kerjasama denga Kampung Media. Sementara Kepala Kampung Media Fairuz Abadi saat diinformasikan via telpon tentang rencana tersebut mengungkapkan dukungannya, namun beliau juga memberikan beberapa catatan, antara lain agar kerjasama tersebut dituangkan dalam bentuk perjanjian sehingga jelas apa hak dan kewajiban Bappeda Lobar maupun Kampung Media, selanjutnya kerjasama tersebut berbentuk lintas sektoral antara Bappeda Kabupaten Lobar dengan Kampung Media dibawah Dinas Hubkominfo Provensi NTB, jika tidak memungkinkan maka alternatif kerja sama Bappeda dengan Kampung Media Lombok Barat juga bisa menjadi pilihan ungkap Kepala Kampung Media NTB tersebut. Dan menurut konfirmasi yang didapatkan dari salah seorang staf Bappeda bahwa kerjasama dengan Kampung Media itu akan segera diwujudkan dalam waktu dekat. [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru