Dihelat Jambore Aktor KIP

Lombok Barat - ­Gubernur NTB diwakili Hj. Erika Zainul Majdi secara resmi membuka kegiatan Jambore Aktor Keterbukaan Informasi Publik bertempat di Hotel Santosa Senggigi, Selasa (15/4/2014) pagi. Kegiatan yang mengangkat tema “Memperjuangkan Transparansi Pelayanan Publik” tersebut, diikuti 56 orang peserta.

Para peserta ini antara lain, berasal dari Bappeda, District Fasilitator AIPD Bima, Dompu, Lobar, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Comunity Center (CC), DPA Dompu dan utusan komunitas Kampung Media (KM) kota/kabupaten di NTB.

Pada kesempatan itu, Hj Erika menyampaikan apresiasi kepada beberapa anggota CC yang dinilai berhasil memfasilitasi warga masyarakat untuk mendapatkan informasi dalam lingkaran birokrasi pemerintah kota/kabupaten. Hal ini menyusul tingginya animo masyarakat dalam mengaudit informasi di lembaga pemerintah yang menjadi patut diberikan dukungan, dengan harapan dapat terus ditingkatkan.

Hj Erika juga sedikit berbagi pengalaman ketika dirinya melakukan kegiatan dan study banding di beberapa negara terkait sistem keterbukaan informasi pelayanan publik kepada masyarakat.

Usai memberikan sambutan singkatnya, Hj Erika melakukan tandatangan bersama pada spanduk yang bertuliskan “Komitmen bersama membangun sistem pelayanan informasi yang menjamin hak atas informasi”. Langkah itu salah satu bentuk dukungan atas hak masyarakat terhadap kebutuhan informasi.

Sebelumnya, Australia Indonesia Partnership For Decentralisation (AIPD)—menayangkan film dokumenter tentang seluk-beluk aspirasi dan harapan warga masyarakat seperti pelayanan pembuatan KTP dan akta kelahiran.

Dalam sesi durasi film dokumenter tersebut, salah satunya mengisahkan seorang warga yang kurang memahami cara mendapatkan akta kelahiran. Tentu hal tersebut membutuhkan pihak (CC/KIM/KIP/KM,red) yang dapat menjembatani sehingga hak dimaksud dapat diperoleh.(bop/03).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru