logoblog

Cari

Jaga Mental, Kesehatan Dan Perbanyak Ilmu

Jaga Mental, Kesehatan Dan Perbanyak Ilmu

Mataram _Dalam rangkaian pelaksanaan penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Pemerintah (Kementerian Agama, Red.) berkewajiban memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan baji Jemaah

Pelayanan Publik

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
16 Desember, 2019 05:48:52
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 663 Kali

Mataram _Dalam rangkaian pelaksanaan penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Pemerintah (Kementerian Agama, Red.) berkewajiban memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan baji Jemaah Haji, sehingga dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan syari’at dan terwujudnya kemandirian serta ketahanan dalam penyelenggaraan ibadah haji. Melihat setiap penyelenggaraan ibadah haji, masih ada permasalahan-permasalahan yang dihadapi Pemerintah, termasuk juga dalam pelaksanaan ibadah umrah, sehingga melihat hal tersebut di atas Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar kegiatan Pra Manasik bagi jamaah haji yang diestimasi berangkat tahun 2020 hari ini (Sabtu, 14-12-2019) di Hotel Puri Indah dengan 50 orang peserta.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB H. Nasruddin dalam sambutan yang dilanjutkan dengan pemaparan materinya, menginginkan agar semua jemaah haji yang diestimasi berangkat tahun 1441 H/2020 M dapat mengetahui semua informasi tentang perkembangan serta kebijakan-kebijakan haji, khususnya yang berkaitan dengan hak-hak jamaah, kewajiban dan larangan yang harus dihindari oleh jamaah haji baik di tanah air maupun di tanah suci Makkah.

“Kami berharap agar semua informasi tentang perkembangan serta kebijakan-kebijakan haji, khususnya yang berkaitan dengan hak-hak jamaah, kewajiban dan larangan yang harus dihindari oleh jamaah haji baik di tanah air maupun di tanah suci Makkah dapat diketahui oleh para jamaah haji yang akan diberangkatkan”, harap H. Nasruddin kepada seluruh jamaah haji yang akan diberangkatkan di tahun 1441 H/2020 M ini.

Sementara itu, Kepala Bidang PHU Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB H.M. Ali Fikri menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan yang merupakan lanjutan dari prograram nasional, “Fungsi kami disini adalah untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi, sehingga alhamdulillah pada tahun 2018 kemarin kita memdapatkan indeks kepuasan jamaah haji 85,23 %, sedangkat di tahun 2019 kita mendapatkan indeks kepuasan jamaah haji dengan sistem menggunakan zonasi ada di 85,91 %”, papar H.M. Ali Fikri, “Artinya mendapatkan indeks kepuasan jamaah haji ini sangat memuaskan”, tambahnya.

 

Baca Juga :


Namun demikian, lanjut H.M. Ali Fikri, Kementerian Agama tidak henti-hentinya memberikan peningkatan pelayanan melalui peran manasik dan dengan evaluasi pelaksanaan haji pada tahun sebelumnya, maka ada beberapa hal yang perlu menjadi perbaikan, paparnya didepan 50 peserta Pra Manasik terdiri dari jamaah haji diestimasi berangkat tahun 2020 dan dari unsur KBIHU. “Kami dari Kementerian Agama akan memberikan informasi tentang perjalanan ibadah haji pada taun 2020 sesuai dengan hajat Undang Undang No. 13 tentang Pembinaan, Pelayanan dan Perlindungan, namun dengan terbitnya Undang-Undang No. 8 Tahun 2019, ada tambahan dari 3 hal tadi yaitu tentang kemandirian jamaah”, lanjut dikatakan H.M. Ali Fikri, “Yang dimaksud kemandirian jamaah disini adalah tentang pengetahuan jamaah haji akan manasiknya”, tegasnya.

Dalam kegiatan ini, ada 4 (empat) Nara Sumber yang menyampaikan informasi terbaru dari penyelenggaraan ibadah haji, selain Kepala Bidang PHU, juga diisi oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB, Dekan Fakultas Da’wah UIN Mataram dan dari Dirjen PHU Kemenag RI. (miq olah)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan