logoblog

Cari

Pentingnya Data Yang Baik Dan Valid

Pentingnya Data Yang Baik Dan Valid

Mataram_Data adalah merupakan sekumpulan informasi atau juga keterangan – keterangan dari suatu hal yang diperoleh dengan melalui pengamatan atau juga pencarian

Pelayanan Publik

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
13 Desember, 2019 06:31:16
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 527 Kali

Mataram_Data adalah merupakan sekumpulan informasi atau juga keterangan – keterangan dari suatu hal yang diperoleh dengan melalui pengamatan atau juga pencarian ke sumber – sumber tertentu. Data yang diperoleh tersebut dapat menjadi sebuah anggapan atau fakta disebabkan karena memang belum diolah dengan lebih lanjut.

Setelah diolah dengan melalui penelitian atau percobaan maka suatu data tersebut dapat menjadi bentuk yang lebih kompleks seperti informasi atau juga bahkan solusi untuk menyelesaikan masalah tertentu. informasi akan baik jika datanya baik, informasi yang tidak baik maka tidak bisa dijadikan pedoman.

Sebuah data itu dapat diibaratkan sebagai dasar dalam perencanaan atau riwayat segala tindakan yang sudah atau telah dilakukan. Inilah mengapa hampir didalam segala macam aspek kehidupan itu selalu melibatkan data.

Oleh karena demikian pentingnya data yang baik untuk mendukung informasi yang ada maka untuk mengambil keputusan semua program sistim informasi di Kementerian Agama khususnya di bidang Pendidikan Islam dikenal dengan Data Education Management Information System ( Emis ), yang merupakan sistim informasi pendidikan yang dikembangkan dan dipergunakan oleh Kementerian Agama untuk memberikan kemudahan dalam menginput data yang ada di madrasah, ponpes,dan Pendidikan Tinggi Islam. Memasuki Tahun Anggaran 2019-2020, Tim Emis Pusat akan melakukan pemutakhiran ( Updating) data Emis yang dimulai tanggal 26 Agustus 2019 yang lalu pasalnya proses updating ini akan berlangsung hingga tanggal 30 Desember 2019.

Perencanaan updating data Emis ini bertujuan untuk memberikan ketersediaan data dan informasi pendidikan Islam yang lengkap, akurat, tepat waktu dan juga untuk menyediakan data dalam perencanaan dan penganggaran program pendidikan Islam dalam meningkatkan tata kelola data dan sistim informasi pendidikan Islam.

 

Baca Juga :


Selain itu sistim informasi Emis ini dijadikan sebagai acuan dan pedoman untuk mengambil semua keputusan semua program-program. Berkaitan hal tersebut maka diadakan updating dan sinkronisasi Data Emis lingkup Kanwil Kemenag Provinsi NTB. Tempat kegiatan Updating dan Sinkronisasi Data Emis ini dilaksanakan di Hotel Puri Indah Cakranegara Mataram selama 3 ( tiga ) hari mulai tanggal 11 sampai dengan 13 Desember 2019 dengan peserta sejumlah 40 ( empat puluh ) orang terdiri dari Kasi Pakis, Kasi Pais, Kasi Pendis dan Operator pondok dan Operator Pais serta dari forum pondok pesantren NTB.

Diharapkan kepada para Kepala Seksi dan operator serta forum pondok pesantren data yang baik, data yang valid, kredibel dan updating sesuai dengan kondisi waktu, demikian seperti yang disebutkan dalam laporan Ketua Panitia Penyelenggara H. Saipun Nasri. Dalam arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam H. Haryadi Iskandar berharap kegiatan ini bermamfaat sesuai dengan yang dihajatkan baik secara aturan maupun ketentuan yang ada berkaitan dengan kegiatan-kegiatan data dan diharapkan data yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan.

H. Hariyadi Iskandar menambahkan terkait dengan data yang direncanakan dan diprogramkan maka harus sinkron, karena jika tidak sinkron maka terjadi kekacauan dalam mengambil keputusan. H. Iskandar berharap nantinya data-data yang sampaikan itu data yang betul-betul merupakan data yang benar dan valid sehingga tidak terjadinya permasalahan di kemudian hari. Namun yang lebih penting lagi ungkapnya di depan 40 ( empat puluh ) orang peserta se – NTB bahwa perencanaan atau program apapun itu maka diperlukan data-data yang bisa dipertanggung jawabkan untuk menghasilkan sebuah program.Mhd…..



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan