logoblog

Cari

Gunakan Dana Desa Secara Maksimal

Gunakan Dana Desa Secara Maksimal

Penggunaan Dana Desa harus memiliki prioritas sesuai dengan kebutuhan yang ada di desa. Jangan hanya dipergunakan untuk membiayai banyak kegiatan,  namun

Pelayanan Publik

Rintam Sanghiyang
Oleh Rintam Sanghiyang
03 Desember, 2019 15:22:37
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 867 Kali

Penggunaan Dana Desa harus memiliki prioritas sesuai dengan kebutuhan yang ada di desa. Jangan hanya dipergunakan untuk membiayai banyak kegiatan,  namun hasilnya tidak maksimal. Kepala Desa beserta jajarannya harus melibatkan semua komponen dari mulai perencanaan hingga pekerjaan.

Pesan ini, disampaikan Direktur PMD pada Kementerian Desa PDTT RI , M. Fachri, S.STP, M.Si pada Rakor P3MD Provinsi NTB Tahap II di Mataram, dihadapan 95 peserta dari unsur Bappeda dan Dinas PMD Kabupaten, Tenaga Pendamping Profesional, Dinas PMPD Dukcapil Provinsi  serta Perwakilan Kepala Desa se NTB.

Menurutnya Direktur PMD,  Dana Desa jumlahnya dari tahun ke tahun terus bertambah. Maka pergunakan untuk membiayai kegiatan yang maksimal. “ Lebih baik 3 atau 4 kegiatan dibiayai namun hasilnya bisa maksimal dan tuntas,” pesan M. Fachri

Disamping itu, ia mengajak Pemerintah Desa membangun sinergi untuk memajukan desa, dengan semua pihak. Termasuk dengan lembaga desa, karang taruna dan yang terutama Badan Permusyawaratan Desa sebagai mitra desa.

“Saya banyak mendengar berita, dimana pengelolaan Dana Desa menjadi terhambat karena ketidak harmonisan hubungan antara Kepala Desa dengan BPD. Pesan saya supaya Camat segera memediasi agar tidak menghambat proses administrasi dan berujung pada lambannya pelayanan kepada masyarakat,” tegas Direktur PMD.

Ia juga menambahkan, Presiden dalam Pembangunan Periode 2020 – 2024, mempunyai misi agar Penyederhanaan Birokrasi, Pembangunan Infrastruktur, Pengembangan Kualitas SDM,  Deregulasi Peraturan Perundangan-undangan, Transformasi Ekonomi ,  harus menjadi perhatian Pemerintah desa juga.  

 

Baca Juga :


Sementara itu, sebelumnya Ketua Panita Rakor P3MD Hendra Saputra, S.STP melaporkan bahwa Dana Desa yang dikucurkan di Provinsi NTB dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat. Bila pada tahun 2015 jumlah Dana Desa yang masuk di NTB sebesar Rp. 301.575.525.748,- maka pada tahun 2019 jumlahnya meningkat menjadi Rp. 1.181.329.455.000,-.

Dana Desa ini sedikit banyak telah berperan dalam mendongkrak status daerah tertinggal 7 kabupaten dari 8 kabupaten yang ada di NTB. Prioritas Penggunaan Dana Desa yang diamanatkan Permendesa sejalan dengan 8 Program Prioritas Pemprov NTB Gemilang, yaitu :  Sistem Kebencanaan ; Ntb Satu Data, Industrialisasi, Desa Wisata, Revitalisasi Posyandu, Zero Waste, Beasiswa; Investasi Dan Kerjasama.

“Alhamdulillah Prioritas Penggunaan Dana Desa sesuai Permendesa searah dengan Program unggulan Pemprov NTB Gemilang, ada  Sistem Kebencanaan,  Ntb Satu Data, Industrialisasi, Desa Wisata, Revitalisasi Posyandu, Zero Waste, Beasiswa dan Ramah Investasi, sedang giat-giatnya kita lakukan,” jelas Kabid Pemdes ini juga. (IE)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan