logoblog

Cari

Masyarakat Sembalun Dapat Subsidi Pembangunan Homestay

 Masyarakat Sembalun Dapat Subsidi Pembangunan Homestay

KM. Sukamulia - Lombok merupakan salah satu dari 4 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dengan KEK Mandalika sebagai pusat kawasan dan

Pelayanan Publik

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
26 November, 2019 12:13:18
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 4386 Kali

KM. Sukamulia - Lombok merupakan salah satu dari 4 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dengan KEK Mandalika sebagai pusat kawasan dan Sembalun sebagai kawasan alternatifnya. Untuk mempersiapkan KSPN Sembalun, pemerintah akan memberikan subsidi bagi masyarakan Sembalun yang ingin membangun homstay. Hal ini disampaikan oleh Sekcam Sembalun dalam sambutannya pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Baitul Izzah Kokok Putik Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun (26/11/2019).

"Kecamatan sembalun akan menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).
Konsepnya Lombok Tengah dibangun sirkuit Moto GP dan Sembalun akan dijadikan sebagai kawasan wisata alternatifnya", Serkapudin, S. Sos.  MM).

"Hal itu tentunya sangat menguntungkan bagi kita yang ada di Sembalun, terutam bagi masyarakat 4 desa di Kecamatan Sembalun (Sembalun, Sembalun Lawang, Sembalun Bumbung dan Timba Gading). Masyarakat keempat desa tersebut akan diberikan subsidi untuk pembangunab homestay. Ini diharapkan akan berdanpak positif bagi peningkatan pendapatan keluarga", sambungnya.

Beliau juga memaparkan bahwa tamu atau wisatawan yang berkunjung ke KEK dan GP Mandalika tidak mungkin akan berwisata di sana saja. Mereka akan bosan dengan pemandangan di sekitar kawasan KEK Mandalika. Untuk mengantisipasi hal itu maka pemerintah menetapkan Sembalun dengan wisata gunungnya sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sebagai kawasan altrtnatif yang dimana jika wisatawan bosan menikmati destinasi wisata Mandalika maka mereka akan berkunjung ke Sembalun untuk menikmati wisata gunung.

Untuk menyambut hal itu tentunya Sembalun harus menyiapkan pasilitas penunjang, seperti akomodasi jalan dan akomodadi penginapan, baik hotel, villa, bungalows maupun homestay. 

Terkait dengan akomodasi jalan, jalan di sekitaran Sembalun sudah dibangun dan akan segera terselesaikan. Selanjutnya, mengenai akomodasi penginapan, untuk menyambut KSPN Sembalun maka warga di empat desa yang disebutkan tadi akan diberikan subsidi pembangunan homestay.

 

Baca Juga :


Subsidi pembangunan homestay ini dihajatkan untuk memacu atau memotivasi masyarakat setempat mempersiapkan diri menyambut perkembangan pariwisata di sekitarnya. 

"Subsidi pembangunan homestay akan diberikan kepada masyarakat yang berhajat membuat kamar baru dengan standarisasi hotel di rumahnya yang nantinya kamar itu dapat disewakan kepada wisatawan dengan harga yang lebih rendah dari hotel, lebih-lebih tren saat ini wisatawan asing lebih senang tinggal di homestay", jelas Sekcam Sembalun.

Di ahir sambutannya Sekcam Sembalun menghimbau masyarakat supaya mempersiapkan generasi muda (anak-anaknya) untuk menyongsong pembangunan pariwisata tersebut dengan menyekolahkan anak-anaknya dan memberi pendidikan moral, budaya dan religius supaya mereka tidak terjebak dalam budaya asing yang tidak sesuai dengan tatanan nilai-nilai budaya lokal.

"Negatifnya, ditakutkan akhlak generasi muda tergerus oleh budaya asing yang tidak sesuai dengan ajaran agama kita. Oleh sebab itu maka kita harus menjaga anak-anak kita dan memberikannya pendidikan moral, budaya dan agama untuk menyongsong pembangunan pariwisata di daerah kita ini", harap Serkapudin.
_By. Asri The Gila_



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan