logoblog

Cari

Kesejahteraan Masyarakat Melalui Keterbukaan Informasi Layanan Dasar.

Kesejahteraan Masyarakat Melalui Keterbukaan Informasi Layanan Dasar.

Membumikan keterbukaan informasi pada tingkat layanan dasar seperti desa, sekolah dan layanan kesehatan masyarakat (puskesma) perlu perhatian yang besar. Sebagai

Pelayanan Publik

KIM PROVINSI NTB
Oleh KIM PROVINSI NTB
08 November, 2019 13:13:30
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 187 Kali

Membumikan keterbukaan informasi pada tingkat layanan dasar seperti desa, sekolah dan layanan kesehatan masyarakat (puskesma) perlu perhatian yang besar.

Sebagai unit layanan terdepan, maka lembaga-lembaga tersebut merupakan indikator penting terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui informasi publik yang disajikan.

Karena itu, isu kesejahteraan yang berkaitan dengan informasi menjadi lokus Komisi Informasi Provinsi NTB ke depannya. Melalui gebyar Desa Benderang Informasi Publik (DBIP) Provinsi NTB tahun 2019 dengan gerakan bersama layanan dasar dan desa menuju benderang informasi publik, sebagai puncak kegiatan penguatan, pendampingan dan penilaian implementasi keterbukaan informasi publik di NTB.

Dengan demikian, diharapkan dapat terwujudnya NTB gemilang melalui keterbukaan informasi yang disajikan oleh lembaga publik bagi kesejahteraan masyarakat. Kegiatan itu, menghadirkan 303 Kepala Sekolah dan 158 Kepala Puskesmas dan 995 Kepala Desa dan Lurah yang tersebar di seluruh kabupaten kota provinsi NTB. Dengan total keseluruhan mencapai 1.456 peserta.

Banyaknya peserta yang hadir mendorong KI untuk menghadirkan Gubernur, Dr. Zulkieflimansyah dan wakil gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah sekaligus dirangkaikan dengan acara “Jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi” yang digelar di Hotel Lombok Raya Mataram, Kamis (7/11).

Ketua KI Provinsi NTB, Hendriadi mengatakan, kegiatan yang melibatkan ribuan peserta memang dihajatkan untuk mendorong keterbukaan informasi kepada semua layanan dasar masyarakat. Informasi yang terbuka merupakan faktor penting bagi kesejahteraan masyarakat. Juga mendorong agar terbentuknya pejabat pengelolah informasi dan dokumentasi atau PPID di masing-masing layanan dasar masyarakat.

“Dalam rangka mencapai visi kesejahteraan yang sedang kita bangun di NTB maka diperlukan informas publik yang selalu terbuka untuk masyarakat. Komisi Informasi tahun ini akan lebih fokus pada isu-isu kesejahteraan. karena isu sejahtera masyarakat sangat dekat dengan sekolah, desa dan layanan kesehatan lainnya,” ungkapnya.

 Sementara itu, kepala desa Nanga Wera Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Ahmad S, Sos mengatakan, pihak desanya belum membentuk PPID Desa. Namun, keterbukan informasi yang dilakukan selama ini sudah sangat terbuka bagi masyarakat. Sehingga masyarakat juga ikut terlibat dalam pengawasan pembangunan desa melalui anggaran dana desa.

“Karena masyarakat kita selalu menanyakan terkait realisasi anggara yang digunakan baik pembangunan fisiknya maupun non fisiknya. Dengan keterbukaan informasi yang kami lakukan, hampir tidak ada lagi masyarakat yang demo dan melalukan tindakan-tindakan yang tidak dinginkan,” jelas kades asal kabupaten Bima saat temui usai acara.

Menurutnya, keterbukaan informasi yang dilakukan selama ini sudah sangat baik. Tidak ada keresahan yang terjadi ditengah masyarakat. Karena data-data informasi terkait pembangunan yang diminta oleh masyarakat betul betul terbuka bagi masyarakat.

“Sesuai dengan data yang dibutuhkan, kami tetap melayani. Mereka juga sering meminta data terkait anggaran, apa saja yang sudah dikerjakan dan bagaimana realisasinya,” ujarnya.

Ketika ditanya tentang informasi-informasi yang dikecualikan, ia mengakui belum ada informasi yang dikecualikan. Karena menurutnya, semua informasi yang ada di desa semua masyarakat berhak untuk tahu.

Keterbukaan informasi mengenai pengelolaan anggaran sudah sangat terbuka. Sehingga kebijakan untuk mensejahterakan masyarakat dapat berjalan dengan aman, tentram dan berjalan dengan baik. Masyarakat pun mersakan manfaat yang luar biasa dengan keterbukaan informasi dari aparatur desa. (IE/JM)

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan