logoblog

Cari

Humas Memiliki Peran Dalam Menciptakan Citra Instansi

Humas Memiliki Peran Dalam Menciptakan Citra Instansi

Padang _Peran humas atau yang lebih dikenal dengan publik relation tentu sangat krusial bagi sebuah organisasi. Humas memiliki peran dalam menciptakan

Pelayanan Publik

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
17 Oktober, 2019 05:39:36
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 765 Kali

Padang _Peran humas atau yang lebih dikenal dengan publik relation tentu sangat krusial bagi sebuah organisasi. Humas memiliki peran dalam menciptakan citra Instansi maupun Lembaga, mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang organisasi baik kepada publik, klien ataupun para investor. Bisa dikatakan bahwa seorang humas adalah wajah dari organisasi itu sendiri, maka ia harus memahami secara detail seluk beluk dan segala informasi yang terkait dengan organisasi itu.

Disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal PHU H. Ramadhan Harisman dalam pemaparan materinya yang berjudul “Peran Kehumasan Dalam Mendukung Upaya Peningkatan Pembinaan dan Perlindungan Jemaah Haji dan Umrah” didepan sekitar 70 orang peserta kegiatan Koordinasi dan Diseminasi Informasi Haji dan Umrah 2019 di Hotel Mercure Padang Sumatera Barat (Rabu, 16-10-2019).

“Seorang humas harus mampu menciptakan poin positif sehingga akan dapat meningkatkan citra positif sebuah organisasi di mata publik. Bagian kehumasan ini selalu berkaitan dengan dunia luar sehingga ia akan lebih banyak menghabiskan kegiatan di luar ruangan atau di lapangan”, lanjut disampaikan H. Ramadhan Harisman dalam pemaparan materinya.

Kesuksesan sebuah organisasi sangat ditentukan oleh keberhasilan seorang humas atau publik relations dalam mempertahankan reputasi, citra positif di masyarakat. Seperti saat ini, keterbukaan akan informasi ke pada publik menjadi hal yang sudah umum adanya. Namun, tentunya peran humas sangat krusial. Dalam hal ini humas harus memberikan informasi berdasarkan fakta dan keakuratan tentang segala informasi dalam sebuah organisasi. Menurut H. Ramadhan Harisman,.

 

Baca Juga :


Ada 4 yang harus dilakukan (1)_Memberikan informasi kepada masyarakat tentang tujuan aktivitas dalam kebijakan Pemerintah, (2)_Memberikan informasi tentang keinginan, aspirasi dari masyarakat agar Pemerintah dapat mengambil keputusan yang tepat, (3)_Menyampaikan SOP agar Peraturan yang dibuat berdasarkan kenyataan dan dapat diterima masyarakat, serta yang ke (4)_adalah untuk mengajak masyarakat agar mau beropini kepada Pemerintah.

“Tentunya dengan penyampaian yang benar dan tetap menjunjung tinggi etika, maka informasi itu akan bisa diterima dengan mudah oleh public, peran humas juga sangat penting dalam menjaga hubungan antara organisasi dengan stakeholder dan masyarakat terkait”, pungkas H. Ramadhan Harisman mengahiri paparan materinya. (miq olah)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan