logoblog

Cari

Dirjend IKP Kominfo RI Berencana Mereplika Kampung Media

Dirjend IKP Kominfo RI Berencana Mereplika Kampung Media

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI) terus membangun komunikasi dengan Kampung Media NTB. Tujuannya kampung media ingin direplika secara

Pelayanan Publik

KIM PROVINSI NTB
Oleh KIM PROVINSI NTB
14 Oktober, 2019 16:14:56
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 1683 Kali

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia (RI) terus membangun komunikasi dengan Kampung Media NTB. Tujuannya kampung media ingin direplika secara Nasional.

Keberhasilan Kampung Media dalam mengubah budaya bertutur menjadi budaya menulis dan pemberdayaan pemuda di dusun dan desa di NTB, dalam membangun desanya manarik perhatian Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik (Dirjend IKP Kominfo RI) Prof. Dr. Widodo Muktiyo, SE., M.Com.

Sehingga Dirjend IKP Kominfo RI, mengundang sejumlah anak kampung media untuk berdiskusi dan mendengarkan cerita tentang sepak terjang dan peran Kelompok Infirmasi Masyarakat (KIM) Kampung Media di NTB selama ini, Sabtu (12/10/2019) di Mataram.

Keberhasilan dan peran kampung media sangat bagus untuk dikembangkan dan direplika secara Nasional. "Saya sudah mendengar cerita tentang kampung media ini di NTB, harus terus dihidupkan," tutur profesor yang baru dilantik 2 bulan yang lalu ini.

Bahkan pada acara Dialog Publik tentang literasi media dan literasi digital di Golden Palace, Minggu (13/10/2019, mewakili Menteri Kemenkominfo RI, Dirjen IKP meminta Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB I Putu Gede Aryadi memperhatikan dan terus memberdayakan media online.

Sebelumnya memang sudah ada rencana mereplika kampung media secara Nasional. Namun perlu dibuat perencanaan dan kajian ilmiah oleh Universitas, kemudian dibuatkan program secara Nasional.

"Nanti Kampung Media kita masukan di program KIM, yang bergerak memajukan pariwisata dan menulis tentang bidang pariwisata di seluruh Indonesia , kategori memajukan pariwisata terbaik di desanya kita undang ke Jakarta, begitupun bidang lain, kampung media ini luar biasa mencetak anak kampung yang punya jiwa enterpreuneship dan inspiratif di kampungnya," kata Dirjend IKP Kominfo RI.

Di dampingi Sesdirjen IKP Sumiati, anak kampung media bercerita tentang awal berdiri kampung media hingga perannya dalam membangun desa diberbagai bidang dan mempublikasikan potensi desa mereka.

Sebelumnya, salahsatu penggagas Kampung Media Tribudi Prayitno, bercerita tentang awal mulanya kepala kampung media Fairuz Abadi membangun jaringan kampung media diseluruh kecamatan yang ada di 10 Kabupaten/Kota se-NTB.

"Kampung media memiliki moto, sampaikan informasi yang bermanfaat mesti satu kalimat, sehingga apapun informasi tentang kegiatan pembangunan, pariwisata, pertanian, budaya dan lainnya disampaikan anak kampung media lewat portal kampung media," cerita pria yang akrab disapa Mas Yiyit ini.

 

Baca Juga :


Menurutnya, dampak yang mereka rasakan cukup luar biasa, karena bergabung dengan komunitas ini mereka sudah dapat menulis, kemudian mengembangkan desanya menjadi wisata desa yang memberdayakan potensi dengan sebagai kegiatan yang bernilai ekonomi.

"Salahsatu contonnya Profesor, ada salahsatu desa di Kabupaten Lombok Tengah, desa Mas-Mas, adalah anak kampung media yang berhasil mengubah desa menjadi wisata desa, ia manfaatkan potensi desa dan pembedayaan masyarakat. Sehingga wisatawan mancanegara tertarik mengunjungi desa tersebut dari informasi di kampung media," jelas Tribudi.

Ia mengubah image desanya, sehingga ramai dikunjungi karena dikelola dengan baik. Tawaran yang diberikan ke pengunjung unik, pengunjung bisa ikut menanam padi, mengembala bebek dan semua aktivitas masyarakat desa bernilai ekonomi. "Keberhasilan ini mengantarkan Habiburrahman pemuda desa Mas-Mas ini menjadi kades oleh masyarakat setempat," ungkap Pak Yiyit.

Ia juga menambahkan tentang 10 tahun kampung media selama ini kerap menyambangi mereka di Kabupaten/kota

untuk memberikan pelatihan dan motivasi. Ini salah saturation fungsi penguatan SDM untuk anak kampung media. Sehingga setiap tahun penulis terbaik dan inspirasi selalu diundang di anugerah jambore kampung media di Mataram.

Masih banyak keberhasilan anak kampung media dibidang lain, akibat bergabungnya dengan kampung media. Satu persatu ke 5 perwakilan kampung media menceritakan awal mula dan keberhasilan kampung media di desa mereka.

Secara bergiliran, ke lima anak kampung dari KM Lengge Wawo Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Lombok Tengah dan Kota Mataram, bercerita tentang awal ikut komunitas kampung media, manfaat yang diperoleh dan kemajuan serta apresiasi masyarakat maupun penerintah di Kabupaten/kota atas inovasi dan perannya. (Edy).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan