logoblog

Cari

Arsip Itu Sejarah

Arsip Itu Sejarah

Mataram_ Dalam penyelenggaraan Pemerintah dan pembangunan arsip adalah merupakan rekaman informasi seluruh kegiatan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan oleh para

Pelayanan Publik

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
14 Oktober, 2019 10:47:17
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 561 Kali

Mataram_ Dalam penyelenggaraan Pemerintah dan pembangunan arsip adalah merupakan rekaman informasi seluruh kegiatan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan oleh para penyelenggara dalam menjalankan tugas dan fungsinya yang telah dipercayakan oleh masyarakat, hal ini berarti bahwa melaui arsiplah masyarakat dapat mengetahui keberhasilan, kegagalan ataupun penyimpangan-penyimpangan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

“Kesadaran dan kepedulian kita terhadap arsip masih sangat rendah atau diabaikan sehingga arsip tersebut tidak dapat dikelola dengan baik, termasuk SDM yang menangani kearsipan ini masih sangat jauh dari standar”, ungkap Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB H. Nasruddin pada saat menyampaikan arahannya pada acara Penutupan Workshop Tata Kelola Kearsipan di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi NTB pagi ini (Minggu, 13-10-2019) di Hotel Puri Indah Mataram,

“Saya ingin agar Arsip ini benar-benar dikelola dengan baik”, harap H. Nasruddin. Apa yang sudah didapatkan dari penyampaian Nara Sumber dalam kegiatan ini dapat diterapkan di manfaatkan di tempat tugas masing-masing Kearsipan merupakan suatu sistem yang mencakup berbagai sub sistem yang satu sama lainnya saling berkaitan, bergantung dan terorganisasi dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan-tujuan, untuk mewujudkan suatu kearsipan tersebut, diperlukan adanya manajemen sebagai suatu sistem, lanjut dikatakan H. Nasruddin didepan 90 peserta kegiatan Workshop Tatakelola Kearsipan ini. “Arsip itu adalah sejarah, dokumen penting dalam sebuah kehidupan, dan arsip itu mutlak dalam sebuah organisasi, apapun namanya, termasuk di Kementerian Agama yang sangat besar ini dibanding Kementerian lain, maka harus memiliki kearsipan yang baik”, papar H. Nasruddin, “Arsip itu tidak boleh hilang, harus rapi, aman dan terjamin tempat menaruhnya”, imbuhnya. Untuk mewujudkan tujuan kearsipan ini perlu adanya dukungan atau metode/system yang tepat dalam pengelolaan arsip. Ilmu pengetahuan dan teknologi membuat adanya suatu pengembangan sistem pengelolaan arsip sehingga mampu mengimbangi dan mengantisipasi perkembangan jaman.

Dalam hal ini perlu dilakukan mengingat arsip yang tercipta tidak hanya menggunakan media kertas akan tetapi juga menggunakan media baru. Pengembangan metode pengelolaan arsip adalah merupakan bagian dari penyelenggara kearsipan meuju kearah kesempurnaan. “Diharapkan kepada seluruh Kepala Kantor, Kepala Madrasah hendaknya memiliki orang-orang yang mau ditugaskan khusus untuk menjaga keamanan dan kepastian arsip kita”, pinta H. Nasruddin kepada seluruh Pimpinan/Kepala di bawah lingkup Kementerian Agama khususnya di Nusa Tenggara Barat ini, “Sehingga kalau kita butuhkan arsip ini, maka akan mudah untuk kita dapatkan”, tegasnya, “Berhati-hatilah dalam mengelola kearsipan ini”, imbuhnya.

 

Baca Juga :


Sudah selayaknya bahwa arsip bukan lagi bersifat tertutup tetapi menjadi sumber informasi yang terbuka bagi semua orang yang membutuhkannya sesuai dengan aturan yang berlaku, karena arsip ini mempunyai peranan yang sangat penting, tidak saja dalam pelayanan interen dilingkungan instansi kita saja, tetapi juga dituntut peran aktif dalam layanan public dalam upaya pelestarian memori kolektif dan jati diri kita Kementerian Agama, pungkas H. Nasruddin. (miq olah)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan