logoblog

Cari

Selamatkan Arsip Melalui Sistem Digitalisasi

Selamatkan Arsip Melalui Sistem Digitalisasi

Mataram _Kearsipan yang merupakan warkat yang disimpan secara sistematis karena mempunyai kegunaan agar setiap kali dibutuhkan atau diperlukan dapat secara cepat

Pelayanan Publik

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
12 Oktober, 2019 05:49:11
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 782 Kali

Mataram _Kearsipan yang merupakan warkat yang disimpan secara sistematis karena mempunyai kegunaan agar setiap kali dibutuhkan atau diperlukan dapat secara cepat ditemukan kembali, arsip juga mempunyai peranan penting dalam sebuah Lembaga atau Organisasi, apabila pengelolaannya kurang baik, maka dapat mengakibatkan terhambatnya proses penyelesaian pekerjaan selanjutnya.

Disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB yang diwakili Kabag Tata Usaha H. Sirojudin pada saat menyampaikan sambutan dan arahan, yang sekaligus membuka kegiatan Workshop Tata Kelola Kearsipan ini secara resmi dimulai sore ini (Jum’at, 11-10-2019), yang diikuti 90 (Sembilan puluh) peserta se Provinsi NTB. “Kegiatan ini sangat luar biasa dengan jumlah peserta yang sangat besar 90 orang, disamping itu juga kita ingin kegiatan ini sebagai tempat silaturahim kepada Bapak/Ibu yang ada di Kabupaten/Kota, mari kita manfaatkan waktu ini untuk mempererat hubungan kekeluargaan diantara kita”, ungkap H. Sirojudin mengawali sambutannya pada acara Pembukaan Workshop Tata Kelola Kearsipan di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi NTB yang direncanakan akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 11 sampai dengan 13 Oktober 2019 di Hotel Puti Indah Mataram.

Lebih lanjut disampaikan bahwa arsip adalah salah satu sumber pengingat dalam sebuah organisasi maupun perorangan, “Arsip ini sangat penting, maka saya berharap kepada seluruh aparatur sipil negara khususnya di lingkungan Kementerian Agama untuk mengelola kearsipan ini dengan baik”, pesan H. Sirojudin kepada 90 orang yang dipanggil untuk mengikuti workshop tata kelola kearsipan ini, “Kurang terkelolanya kearsipan kita dengan baik adalah merupakan tantangan kita bersama bagaimana kita memperbaiki kinerja kita terkait dengan arsip”, tambahnya. Pengelolaan kearsipan kita yang kurang baik, lanjut H. Sirojudin dapat menyebabkan permasalah kemana-mana, bukan masalah kinerja yang dobel, namun persoalan organisasi kita yang tidak bisa efektif dalam bekerja, termasuk persoalan pemeriksaan yang kita alami dengan tidak diketemukannya arsip kita, papar H. Sirojudin dengan panjang lebar. “Kalau kita ingin menghancurkan sebuah organisasi itu, cukup dengan menghancurkan arsipnya, maka dengan jelas organisasi itu akan kehilangan sejarah, sehingga tidak dapat kembali untuk menceritakan kejayaan yang kita sudah raih”, ungkap H. Sirojudin, “Saya berharap untuk sistem kearsipan kita mulai saat ini kita menggunakan sistem digital, dan saya ingin agar dalam kegiatan ini ada praktik bagaimana cara menyimpan arsip tersebut secara digital itu”, harap H. Sirojudin. Sebelumnya Ketua Panitia Penyelenggara H. Lalu Muhammad Amin menyampaikan bahwa kegiatan ini mutlak harus dilakukan dalam sebuah Instansi/Lembaga/Satuan Kerja bagi para Pejabat dan Pegawai agar nantinya dapat menemukan dokumen yang dibutuhkan kembali dalam waktu singkat. (miq olah)

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan