logoblog

Cari

PRCC Bangun Komunikasi Publik Lebih Intens

PRCC Bangun Komunikasi Publik Lebih Intens

Public Relation Command Center (PRCC) yang lahir dari Biro Humas dan Protokol Setda Propinsi NTB diharapkan dapat menjadi jembatan komunikasi antara

Pelayanan Publik

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
08 Oktober, 2019 14:59:34
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 374 Kali

Public Relation Command Center (PRCC) yang lahir dari Biro Humas dan Protokol Setda Propinsi NTB diharapkan dapat menjadi jembatan komunikasi antara kerja pemerintah dan ekspektasi public atau masyarakat. Tidak hanya itu, pola kehumasan berbasis teknologi ini tidak hanya mengelola komunikasi dan penyebarluasannya namun lebih penting pengelolaan informasi menjadi referensi pengambilan kebijakan pemerintah daerah.

Untuk itu, Biro Humas Setda Propinsi NTB melalui program PRCC meluncurkan buku panduan kehumasan dalam rangka mengawal visi misi NTB Gemilang. Diantaranya, pengelolaan sosial media dan layanan data public terkait kerja pemerintah sebagai terobosan dalam membangun system penyampaian  dan pengelolaan informasi pemerintah kepada masyarakat.

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc menyambut baik Public Relation Command Center sebagai wahana penyebarluasan informasi, untuk optimalisasi capaian pembangunan di NTB, khususnya dalam membangun citra positif bagi program-program unggulan NTB Gemilang. Hal itu dijelaskan Doktor Zul yang disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda NTB, Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahya Ningsih, M. Si.

Menurut Baiq Eva Nurcahya Ningsih, Saat ini, Pemerintah Provinsi NTB tengah berikhtiar membangun NTB Gemilang melaui 6 (enam) misi pembangunannya, yaitu : NTB Tangguh dan Mantap, NTB Bersih dan Melayani, NTB Sehat dan Cerdas, NTB Asri dan Lestari, NTB Sejahtera dan Mandiri, serta NTB Aman dan Bersih.

Mewujudkan NTB Gemilang tentunya menuntut dukungan dan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menjalankan program-program unggulan NTB Gemilang, seperti revitalisasi Posyandu Keluarga, pengembangan Desa Wisata, Industrialisasi, NTB Zero Waste, serta program-program unggulan lainnya.

Salah satu contoh disektor pariwisata misalnya, dalam membangun citra positif terhadap pariwisata sangat penting, karena dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke NTB. “Citra positif daerah harus dibangun dengan menyebarkan informasi yang baik tentang NTB,” jelasnya Senin (7/10/2019), di Taman Budaya Mataram.

Sehingga keberadaan Publik Relation (PR) sebagai media membangun opini publik, dibutuhkan komunikasi persuasif  yang memiliki daya kreatif tinggi, mampu berkomunikasi dengan baik dan memiliki pengaruh dan mampu mempengaruhi orang lain juga.  Hal ini penting di era perkembangan media sosial saat ini, karena arus informasi yang berkembang di masyarakat begitu masif, intensif dan transparan meramaikan jagat media sosial, baik itu yang bersifat positif maupun negatif.

Maka dari itu lanjutnya, keberadaan PRCC sebagai penyampai informasi tentang program-program pembangunan daerah menjadi kebutuhan untuk mengakselerasi pencapaian target dari program-program NTB gemilang yang tengah dilaksanakan.

Sementara itu, Kepala Organisasi (Biro) Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB menjelaskan keberadaan Publik Relation Command Center (PRCC) di NTB tidak terlepas dari adanya semangat baru untuk pembaharuan di era kemajuan teknologi informasi.

 

Baca Juga :


“Kenapa kita butuh Public Relation Command Center yang merupakan program terbaru Biro Humas, karena jamannya sudah berubah, eranya sudah berubah, dulu kita masih melihat koran setiap hari, namun saat ini orang bisa melihat Hand Phone nya setiap 10 detik, sehingga Teknologi Informasi itu sangat dibutuhkan, inilah cikal dasar keberadaan PRCC. Hal ini menjadi laboraturium ilmiah baru, terobosan baru, untuk mengintegrasikan fungsi pelayanan public, humas dan protokoler dileburkan menjadi PRCC,” jelas mantan Komisioner KI NTB ini.

Teknologi informasi yang begitu deras harus disambut dengan kekuatan informasi yang berimbang dan cepat, karena aliran informasi yang banyak beredar di masyarakat dalam meramaikan Jagat media harus dipoles dengan berbagai isu positif maupun negatif.

Begitu juga cara menyediakan ruang ekspresi bagi masyarakat dalam memaknai sebuah perubahan dan peradaban teknologi industri 4.0 sebagai era industri dapat saling berkomunikasi secara insentif secara intensif dalam konteks humas dan protokol di Sekda Pemprov NTB. “Artinya command center dapat dikatakan sebagai denyut nadi pengintegrasian SDM dan Teknologi IT untuk melayani masyarakat.

Untuk mewujudkan tujuan bersama dalam melayani masyarakat sebagai warga negara hadirnya PRCC di era kepemimpinan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc dam Wakil Gubernur Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd,  harus benar-benar ditempatkan pada posisi sebagai partner masyarakat dalam pembangunan kepercayaan public,  sehingga apa yang menjadi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi sedapat mungkin bisa diakses dengan mudah,  baik itu informasi pelayanan atas data-data resmi program program unggulan pemerintah,  mendapatkan sambutan atas berbagai persoalan ataupun keluhan keluhan yang mereka hadapi dalam dinamika kehidupan pemasyarakatan.

“Keberadaan PRCC yang di resmikan keberadaan pada awal Februari 2019 lalu, merupakan salah satu terobosan untuk membangun kerjasama dan melibatkan publik dengan mengawal dan merespon kebijakan dan program berita daerah hadirnya pssi di jaman kepemimpinan dokter jul dan umi rohani harus benar-benar ditempatkan pada posisi sebagai planet masyarakat dalam membangun cepetan public hingga apa yang menjadi hak masyarakat mendapatkan informasi,” tuturnya.

Diakhir kegiatan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda NTB, Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahya Ningsih, M. Si mewakili Gubernur NTB bersama Karo Humas dan Protok Setda Prov. NTB juga meluncurkan kompetisi pemilihan duta-duta  NTB Gemilang Public Relation Ambassadors Challenge 2019. Duta yang akan ikut serta bersama pemerintah terus mensosialisasikan program NTB Gemilang. (Edy-Dinas Kominfotik NTB)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan