logoblog

Cari

Dekranasda NTB Susun Rencana Terbaik Untuk Kerajinan Daerah

Dekranasda NTB Susun Rencana Terbaik Untuk Kerajinan Daerah

Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah menyatakan Dekranasda NTB telah merencanakan berbagai event skala nasional dan internasional yang dapat

Pelayanan Publik

Syarlaili Humairoh
Oleh Syarlaili Humairoh
02 Oktober, 2019 09:09:00
Pelayanan Publik
Komentar: 0
Dibaca: 391 Kali

Ketua Dekranasda NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah menyatakan Dekranasda NTB telah merencanakan berbagai event skala nasional dan internasional yang dapat diikuti oleh para pengerajin di NTB untuk dapat mengenalkan berbagai hasil kerajinan khas NTB.

“Banyak sekali kegiatan yang nantinya dapat kita ikuti dengan berbagai persiapan, pada tahun 2020 kami akan melaksanakan berbagai program yang salah satunya  menjadikan NTB sebagai showroom icon industri fashion, pusat busana muslim bercirikan khas daerah, mengembangkan tenun daerah yakni khas sasak, samawa dan bima, tahun ini akan dikembangkan tenun khas Sumbawa dengan kualitas lembut dan waktu produksi yang cepat” ujarnya.

Hal ini disampaikan Hj. Niken dalam Rapat Kegiatan Dekranasda yang dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tingkat Provinsi NTB dan berbagai instansi vertical terkait, rapat ini berlangsung di Pendopo Barat, Mataram, Senin (30/9-2019).

Rencana besar yang akan terjadi dari tahun 2020 sampai dengan 2024 akan adanya event tahunan bagi penegrajin untuk dapat menunjukkan berbagai karya kriya di NTB secara nasional maupun internasional. “Tahun 2020 kita berharap NTB dapat menjadi tuan rumah, dalam artian dapat mengenalkan hasil kriya daerah kita melalui pernak – perniknya ataupun goodie bagnya” jelasnya.

Selain itu, penggunaan kain tenun di NTB semakin berkembang dengan diresmikannya ASN Lingkup Pemprov NTB menggunakan pakaian dinas dari kain tenun lokal setiap hari selasa. Generasi muda juga diajak untuk sama – sama membuat sebuah mode fashion dengan cita rasa lokal daerah yang dapat disebarluaskan melalui social media. 

 

Baca Juga :


I Gede Putu Ariyadi selaku kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB memberikan masukan untuk melakukan pemanasan terhadap berbagai kegiatan yang akan dilakukan. “Perlu ada pemanasan apabila nanti ada kesempatan dan anggaran momen 17 Desember 2019 yang merupakan Hari Ulang Tahun NTB dapat menjadi momen Dekranasda untuk mempromosikan berbagai event atau pun kerajinan pada seluruh masyarakat” tuturnya. 

Dinas Koperasi Prov. NTB, Dinas Perdaganan Prov. NTB dan Dinas Perindustrian Prov. NTB Bersama – sama mendukung berbagai rencana yang telah disiapkan oleh Dekranasda NTB dan mengupayakan berbagai sektor dapat ikut serta dalam perencanaan memajukan kerajinan daerah NTB. “Kalau misalnya dalam sebuah UMKM membuat berbagai jenis kerajinan itu otomatis terdapat industri yang dimana dapat berpengaruh terhadap banyak sektor, salah satunya sektor pertanian , sektor perdagangan dan lain sebagainya. Sekarang tergantung dari peran pemerintah untuk terus mendukung masyarakat agar terus berinovasi membuat berbagai kerajinan untuk memajukan dan meningkat perekonomian” jelasnya.

Sementara itu Kepala Badan Penghubung NTB Syahrurachman memberikan ruang untuk Dekranasda NTB sebuah showroom yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, hal ini sebagai media promosi Dekranasda NTB Bersama UMKM terpilih yang mewakili NTB. “Di TMII ada showroom yang kosong dan ini merupakan milik Pemda NTB yang mengelola dari Kepala Penghubung NTB di Jakarta” jelasnya. (serly@kominfotik)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan